15 Ucapan Selamat Hari Raya Paskah dalam Bahasa Jawa Disertai Terjemahannya

Kubur Kosong. Hari Raya Paskah
Kubur Kosong. Hari Raya Paskah (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Dalam Liturgi Gereja Katolik, Sabtu Suci merupakan puncak dari Trihari Suci, yakni Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Suci. Trihari Suci diawali dengan misa petang pada Kamis Putih yang dilanjutkan dengan Jumat Agung dan memuncak pada perayaan Malam Paskah serta berakhir pada ibadah Sore Minggu Paskah.

Selama Tri Hari Suci (tiga hari suci) Gereja merayakan misteri terbesar karya penebusan: sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus. Yesus melakukan ini semua untuk menebus dosa manusia.

Paskah adalah iman akan kebangkitan tersebut dan merupakan perayaan yang terpenting dalam iman Kristiani karena Paskah itu memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus. Yesus mengalahkan kematian. Ia bangkit dari kematian, seperti yang tercatat di dalam keempat Injil di Perjanjian Baru. Perayaan ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan atau Minggu Kebangkitan.

BACA JUGA:

Di hari istimewa ini tak ada salahnya mengucapkan Selamat Hari Raya Paskah bagi sesama yang merayakannya. Jika masih bingung, berikut ini 15 ucapan Selamat Hari Raya Paskah dalam bahasa Jawa yang sangat menyentuh hati cocok untuk update medsos hingga kirim ucapan:

  1. Krana seda lan wungu Dalem Gusti Yesus, sadoyo dosaning manungsa sampun katebus mawi rah lan Warih. Mugi wungu Dalem tansah ambekto Berkah dhateng sadoyo umatipun. Sugeng Paskah. Berkah Dalem. (Karena kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus, semua dosa manusia sudah ditebus dengan jiwa dan raga. Semoga kebangkitan Kristus selalu membawa berkah bagi seluruh umat. Selamat Paskah. Tuhan Memberkati)
  2. Sugeng Riyadi Paskah. Awitdéné Allah anggoné ngasihi marang jagat iku nganti masrahaké Kang Putra Ontang-anting, supaya saben wong kang pracaya marang Panjenengané aja nganti nemu karusakan, nanging nduwènana urip langgeng. (Selamat Hari Raya Paskah. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal)
  3. Gusti Yesus sampun wungu! Gusti Yesus sampun wungu! Saestu, sampun wungu! Sugeng Riyadi Paskah. (Tuhan Yesus telah bangkit. Tuhan Yesus Sudah Bangkit. Sungguh, sudah bangkit! Selamat Hari Raya Paskah)
  4. Wontening dinten Paskah puniko, kito sadoyo tansah kaemutaken katresnan lan kinasihipun Gusti Yesus kagem sadoyo manungso. Sugeng Riyadi Pasah. (Di hari Paskah ini, kita semua selalu diingatkan kasih dan sayang Tuhan Yesus kepada semua manusia. Selamat Hari Raya Paskah)
  5. Paskah ngajaraken kita sedaya arti iman lan tegese kanggo rasakake berkah Allah ing gesang kita. (Paskah mengajarkan kita arti iman dan apa artinya merasakan berkat Tuhan dalam hidup kita)
  6. Ngaturaken Sugeng Riyadi Paskah dhumateng para kadang Kristiani, mugi Gusti ngijabahi. Berkah Dalem (Mengucapkan selamat Hari Raya Paskah untuk para umat Kristiani, semoga Tuhan mengabulkan harapan. Berkah Dalem)
  7. Muga-muga panjengan saget nresnani katresnan Paskah kanthi kapenuhan katresnan lan kabungahan. (Semoga kamu mendapatkan kasih Paskah yang penuh sukacita yang dipenuhi banyak cinta dan kegembiraan).
  8. Sugeng riyaya Paskah, mugi Gusti Allah paring kabungahan lan katresnan datheng panjenengan. (Selamat hari raya Paskah, semoga Allah memberikan kebahagian dan suka cita kepada Anda)
  9. Mugi-mugi panjenengan lan kaluarga tansah pinaringan berkahing Paskah. (Semoga Anda dan keluarga selalu mendapat berkah Paskah)
  10. Ing dinten Paskah punika kita sadaya dipun ajaraken teges lan artinipun iman kagem ngraosaken berkah lan rahmat saking Allah. (Pada Paskah kali ini kita semua diajari makna dan arti untuk merasakan berkat dan rahmat dari Allah)
  11. Sampeyan bisa aran kebangkitan Kristus ing saben kembang sing mekar, ing saben sinar srengenge sing nresep bumi, ing saben suket ijo kita mlaku. Muga-muga kaberkahan Paskah kagem sampeyan (Kebangkitan Kristus dapat kamu rasakan di setiap bunga yang mekar, di setiap sinar mentari yang menghangatkan bumi, di setiap rumput hijau yang kita pijak. Semoga berkat Paskah menyertaimu).
  12. Mugi lantaran paskah puniko, Allah tansah paring bebungah lan sukocito amargi wungu Gusti saka sedo kagem panjenjengan sakaluargo. (Semoga melalui Paskah ini, Allah selalu memberikan kebahagian dan sukacita kepada anda sekeluarga karena kebangkitan Tuhan dari kematian)
  13. Sampeyan bisa aran kebangkitan Kristus ing saben kembang ingkang mekar, sinar srengenge, suket ijo kang kita mlaku, lan sing nresep bumi. Muga-muga kaberkahan Paskah kagem sampeyan (Kebangkitan Kristus bisa kau rasakan dalam setiap bunga yang mekar, sinar matahari, rumput yang dipijak, dan yang menghangatkan bumi. Semoga keberkahan Paskah dapat menyertaimu)
  14. Sugeng Riyadi Paskah. Gusti Yesus sampung wungu saka sedo. Mugi-mugi iman kita marang Gusti ingkang sampun wungu saka sedo langkung tatag. (Selamat Hari Raya Paskah. Tuhan Yesus sudah bangkit dari kematian. Semoga iman kita akan Yesus yang sudah bangkit dari kematian makin dipertebal).
  15. Gusti Yesus sampun wungu saka sedo. Mugi-mugi gesang kito tansah pinaringan pepadhang saking swargo (Tuhan Yesus sudah bangkit dari kematian. Semoga hidup kita semua selalu diberkahi cahaya surgawi)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*