Pendaftaran Ujian Masuk PTKIN Masih Buka Hingga 9 Mei 2021 di Sini

Ilustrasi: Siswa Madrasah berprestasi bisa masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tanpa tes. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Siswa Madrasah berprestasi bisa masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tanpa tes. (KalderaNews.com/Ist.)

BANDUNG, KalderaNews.com – Kementerian Agama masih membuka pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Pendaftaran UM-PTKIN yang dibuka sejak 1 April dan ditutup pada 9 Mei 2021 dapat dilakukan di laman resmi UM-PTKIN.

Diketahui, UM-PTKIN adalah seleksi nasional yang melibatkan seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem terpadu. Ujian ini diselenggarakan serentak oleh Panitia Pelaksana yang sudah ditetapkan oleh Menteri Agama.

Ketua SPAN UM-PTKIN Mahmud yang juga Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mengungkapkan, bahwa Tes UM-PTKIN 2021 akan dilakukan dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) berbasis android.

BACA JUGA:

“Ujian tulis dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring akan dilaksanakan 24 Mei hingga 02 Juni 2021. Tahun ini, terdapat ujian baca tulis Alquran yang juga telah masuk dalam Sistem Seleksi Elektronik (SSE),” terangnya di Bandung.

“Ujian baca tulis Alquran melalui aplikasi ini dipastikan user-friendly sehingga mudah digunakan oleh para peserta yang merupakan generasi Z, dimana mereka sudah familiar dengan teknologi komunikasi dan informasi,” sambungnya.

Hasil UM-PTKIN sendiri dijadwalkan akan diumumkan pada 17 Juni 2021.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*