KIP Kuliah 2021 Masih Tersedia untuk Jalur Mandiri PTN dan PTS, Simak Syarat dan Jadwal Pendaftarannya




Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah
Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi kamu yang gagal masuk PTN melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN 2021, masih memiliki peluang mendapatkan KIP Kuliah melalui seleksi Jalur Mandiri. Untuk yang masuk ke PTS juga masih bisa mendapatkan KPI Kuliah lho.

BACA JUGA:

Penerima KIP Kuliah memilih program studi akreditasi A, akan mendapatkan bantuan biaya kuliah Rp 8 juta hingga Rp 12 juta per semester. Sementara, untuk mahasiswa program studi dengan akreditasi B akan diberikan dana KIP-K sebesar Rp 4 Juta. Mahasiswa program studi dengan akreditasi C akan diberikan dana KIP-K sebesar Rp 2,4 juta.

Nah, untuk mendapatkan KIP Kuliah, inilah syarat dan jadwal pendaftarannya:

Syarat umum

  1. Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 tahun sebelumnya.
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

Syarat khusus

  1. KIP Kuliah diperuntukkan bagi mahasiswa yang diterima di Perguruan Tinggi termasuk penyandang disabilitas dengan prioritas sasaran mahasiswa pemegang KIP, mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, mahasiswa afirmasi (Papua dan Papua Barat serta 3T dan TKI) serta mahasiswa terkena bencana, konflik sosial atau kondisi khusus.
  2. Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  3. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
  4. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  5. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.
  6. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri:

  • Seleksi Mandiri PTN dibuka pada 7 Juni-3 Oktober 2021
  • Seleksi Mandiri PTS dibuka pada 21 Juni-31 Oktober 2021

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*