Inilah Logo, Arti dan Tema Resmi Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021

Logo HUT ke-76 Kemerdekaan RI
Logo HUT ke-76 Kemerdekaan RI (KalderaNews/Dok. Setneg)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah mengumumkan Tema dan Logo yang akan dipergunakan dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2021.

Melalui Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor: B.446/M/S/TU.00.04/06/2021 tertanggal 16 Juni 2021 lalu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan Tema dan Logo Peringatan HUT ke-76 RI tersebut kepada seluruh jajaran Pemerintah Pusat dan Daerah.

Tema yang diusung pada Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI pada tahun ini adalah “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Pemerintah menyajikan logo HUT ke-76 RI dengan variasi warna yang didominasi oleh merah dan putih. Pada logo itu juga disertai tulisan tema HUT ke-76 RI. Adapun tema peringatan kemerdekaan tahun ini yaitu “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

BACA JUGA:

Secara umum ada 4 makna logo, yaitu: stabilitas dan pembangunan, gerak dan pertumbuhan, ruang kebersamaan serta persatuan dan harapan.

Logo HUT ke-76 RI menggunakan font Lexend. Tertulis angka 76 dengan posisi angka 7 sedikit lebih tinggi dibanding angka 6. Kemudian, pada bagian atas angka 6, tertulis dua huruf yang bergandengan “TH”.

Bentuk angka 7 diasosiasikan sebagai bagian dari tiang pancang infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk itu menggambarkan kepala Garuda yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

SEdangkan bentuk angka 6 diasosiasikan sebagai orang dan roda yang sedang bergerak terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

Setalah itu ada bentuk jajar genjang di angka 7 dan jajar genjang sama kaki di angka 6. Bentuk ini diasosiasikan sebagai ruang yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Selain itu, dapat juga diasosiasikan sebagai bentuk panah yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.

Selanjutnya bentuk lingkaran pada angka 6 merupakan pertanda kesempurnaan yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai Bentuk ini juga dapat diasosiasikan persatuan Indonesia.

Yang terarik mengunduh logo HUT ke-76 RI bisa mengunjungi link resmi setneg ini berbagai informasi hingga menyediakan link unduh logo, elemen grafis, font, template, beserta karya fotografi untuk melengkapi desain.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*