Inilah Tip Mendapat Beasiswa Bidikmisi di Universitas Swasta

Beasiswa Bidikmisi
Ilustrasi: Beasiswa Bidikmisi

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Beasiswa Bidikmisi adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara finansial. Beasiswa ini menyasar pelajar yang memiliki tekad, kemauan, dan juga potensi akademik untuk lanjut ke perguruan tinggi.

Beasiswa Bidikmisi merupakan salah satu program pemerintah yang tak hanya bagi pelajar yang kuliah di kampus negeri, namun juga mereka yang kuliah di universitas swasta. Proses pendaftaran beasiswa Bidikmisi di kampus swasta pun tidak sesulit dan seribet yang dibayangkan.

Persyaratan mendapat beasiswa ini tidak berbeda apabila pelajar ingin kuliah di kampus negeri. Ada beberapa berkas yang diperlukan sebagai syarat memperoleh beasiswa Bidikmisi.

BACA JUGA:

Ardia Pramesti menceritakan pengalamannya melamar untuk mendapat beasiswa ini. Ia menuturkan, setiap mahasiswa perlu terus update dengan informasi berkaitan dengan Bidikmisi di kampus masing-masing.

“Yang paling penting dari mendaftar beasiswa Bidikmisi di kampus swasta adalah kita harus terus update dengan informasi beasiswa di kampus itu sehingga kita bisa tahu persyaratan apa saja,” kata alumni penerima beasiswa Bidikmisi dari STIPRAM Yogyakarta.

Selain itu, mahasiswa juga perlu menjaga performa studinya, yaitu IPK tidak boleh di bawah 3. Sri Silfitrah menceritakan, apabila nilai yang diperoleh di akhir semester di bawah 3, maka siap-siap beasiswa kita akan dilempar kepada yang lain.

Ardia juga menceritakan mahasiswa Bidikmisi juga dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan-kegiatan di kampus.

“Untuk adik-adik yang ingin mendaftar beasiswa Bidikmisi, perlihatkan bahwa kalian layak dan berhak untuk mendapatkan beasiswa tersebut dengan cara meraih sebuah prestasi. Gak harus muluk-muluk. Cukup menjadi teladan dalam lingkup kampus saja sehingga pemerintah tidak salah dalam memilih kalian sebagai penerima beasiswa Bidikmisi,” ujar penerima beasiswa Bidikmisi dari kampus swasta STIKMAR Majene, Sulawesi Barat.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*