Mau Kuliah di Belanda? Berikut 5 Lima Tawaran Beasiswa yang Bisa Kamu Kejar




Den Haag di Belanda
Den Haag di Belanda (KalderaNews/Fajar H)

JAKARTA, KalderaNews.com – Belanda sebagai negara dengan sejarah panjang bersama Indonesia, kini menawarkan daya tarik perguruan tinggi terbaik dan masuk ke jajaran kampus top dunia. Bagi pelajar dari Indonesia, Belanda adalah salah satu pilihan.

Di negara ini, tersedia banyak kampus berkualitas dengan tawaran beasiswa bagi pelajar dari Indonesia.

BACA JUGA:

Berikut ini 5 beasiswa bebas biaya di Negeri Kincir Angin yang bisa diperoleh:

Studeren in Nederland (STUNED)

STUNED merupakan beasiswa dari pemerintah Belanda yang adalah bagian dari kerja sama bilateral Belanda dan Indonesia. Tujuan dari beasiswa ini untuk membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia.

STUNED meliputi uang kuliah (maksimal EUR 20.000 per tahun), biaya hidup (uang bulanan), biaya perjalanan internasional dan lokal, dan biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi. Ada dua program studi internasional dalam bahasa Inggris yang tersedia dengan beasiswa ini short course (2-12 minggu) dan master course (12-24 bulan).

Untuk bisa memperoleh biasiswa STUNED, terlebih dahulu kamu harus diterima di salah satu kampus di Belanda. Setelah diterima dan memperoleh letter of acceptance dari kampus di Belanda, baru kemudian kamu bisa mendaftar STUNED.

Orange Knowledge Programme

Orange Knowledge Programme sebelumnya dikenal dengan nama Netherlands Fellowship Programme (NFP). Beasiswa ini berasal dari Kementerian Luar Negeri Belanda. Beasiswa ini diberikan demi meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan kualitas individual ataupun institusi pendidikan tinggi serta kejuruan.

Beasiswa ini terbuka bagi pelajar dari 51 negara lain. Namun untuk pelamar dari Indonesia, bidang yang menjadi prioritas adalah Rule of Law, Water, Agriculture, dan Sustainable Entrepreneurship. Ada dua program yang tersedia dalam beasiswa ini yaitu master course dan short course.

Orange Tulip Scholarship (OTS)

Bunga Tulip memang menjadi bunga nasional Belanda. Nama bunga ini bahkan diambil sebagai nama beasiswa yang diberikan oleh Institusi Pendidikan Tinggi Belanda ini. Lembaga ini bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan memberikan beasiswa juga bagi warga negara Indonesia yang ingin kuliah di Belanda.

Jenjang studi yang tersedia adalah Bachelor (S1) dan Master (S2). Nilai total beasiswa ini lebih dari EUR 656,000 untuk jenjang Foundation, Bachelor dan Master. Berbeda dengan beasiswa lain, Orange Tulip Scholarship ini menyediakan program bimbingan yang belum memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Holland Scholarship

Holland Scholarship merupakan salah satu beasiswa yang bisa kamu ajukan agar bisa kuliah di Belanda tanpa biaya dan dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda yang bekerja sama dengan universitas riset dan universitas ilmu terapan Belanda.

Holland Scholarship khusus ditujukan bagi pelajar internasional dari luar Area Ekonomi Eropa (EEA). Total beasiswa yang diberikan adalah EUR 5,000 di tahun pertama studi.

Beasiswa dari Pemerintah Indonesia

Pemerintah Indonesia juga tak mau ketinggalan. Lewat program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan beasiswa Kominfo, pemerintah Indonesia memberikan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang ingin menempuh studi di Belanda.

Beasiswa ini murni berasal dari pemerintah Indonesia dan diperuntukkan hanya bagi pelajar Indonesia.

Kedua beasiswa ini rutin dibuka setiap tahun. Kamu kalua ingin kuliah di Belanda atau di kampus luar negeri lain bisa mendaftar kedua beasiswa ini.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*