Ternyata Ada Lho SD yang Biayanya Selangit, Inilah 5 SD Mahal di Indonesia




Siswa di SD Cikal Serpong Tangerang Selatan
Ilustrasi: Siswa di SD Cikal Serpong Tangerang Selatan. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Salah satu pertimbangan orangtua saat menyekolahkan anak adalah biaya pendidikan, termasuk saat anak akan masuk jenjang Sekolah Dasar (SD). Kualitas pendidikan yang baik tentu juga akan menuntut biaya yang tidak sedikit.

Dalam banyak kasus, makin bagus kualitas dan fasilitas institusi pendidikan, maka makin tinggi juga biaya sekolah yang akan dikeluarkan. Hal ini tak juga terjadi di jenjang SD.

BACA JUGA:

Mau tau mana saja SD dengan biaya termahal di Indonesia, berikut 5 diantaranya:

Binus International School Simprug

Di sekolah yang terletak di daerah Jakarta Selatan ini menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB). Biaya sekolah di Binus International School Simprug terdiri dari yang uang pangkal sebesar Rp 144 juta dan uang sekolah sebesar Rp 540 juta per tahun.

Binus International School Simprug menggunakan kurikulum dari International Baccalaureate (IB) yang terdiri dari Primary Years Programme untuk anak usia 3 – 10 tahun. Meski begitu, sekolah ini juga menerapkan kurikulum nasional.

British International School

Awalnya, sekolah yang terletak di Tangerang Selatan ini semulai didirikan dengan dukungan Kedutaan Besar Inggris. British International School menerapkan gabungan antara kurikulum nasional dan International Primary Curriculum.

Alhasil, dengan dua kurikulum ini, maka biaya untuk jenjang SD di sekolah ini menjadi cukup mahal. Di tahun akademik 2021-2022, untuk anak usia 7-11 sekolah ini mematok harga Rp 124 juta untuk setiap term (3 bulan), yang berarti Rp 353,4 juta per tahun.

Orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 4 juta. Apabila sudah diterima, orangtua diminta menyetorkan deposit penerimaan siswa baru sebesar Rp 30 juta.

Masih ada lagi, orangtua masih harus mengeluarkan biaya Rp 55 Juta untuk biaya aktivitas siswa yang berlaku untuk jenjang TK dan SD.

New Zealand School Jakarta

Sekolah ini terletak di Kemang, Jakarta Selatan. New Zealand School Jakarta (NZSJ) menjadi mahal karena mengadopsi kurikulum Selandia Baru (New Zealand Curriculum, NZC).

Untuk biaya, siswa SD di sekolah ini dipatok Rp 195,6 juta per tahun. Apabila ingin membayar setiap enam bulan, maka biayanya menjadi Rp 101,8 juta per 6 bulan. Ada lagi, kalau ingin membayar setiap tiga bulan maka orangtua akan dikenakan biaya Rp 52,7 juta per tiga bulan. Saat mendaftar, orangtua juga dikenakan biaya pendaftaran Rp 5 juta.

Eits.., masih ada lagi, Sekolah NZSJ juga mengenakan Annual Development Levy (ADL), semacam biaya pengembangan tahunan juga biaya bus sekolah, katering atau kantin, seragam sekolah, dan kegiatan setelah sekolah atau perkemahan.

Global Jaya School

Jenjang SD di Global Jaya School menerapkan kerangka kurikulum internasional International Baccalaureate Primary Years Programme (PYP). Karena biaya sekolah di sekolah ini terdiri dari dua komponen, yaitu Biaya Pendidikan SPP dan Biaya Pengembangan Siswa, maka biayanya menjadi cukup mahal. sebagai gambaran, untuk tahun ajaran 2018-2019 setiap siswa SD dikenakan biaya Rp 29,1 juta untuk setiap term.

Jika orangtua memilih membayar SPP satu tahun langsung, maka biaya SPP yang dikenakan yaitu Rp 106,7 juta per tahun. Di samping dua biaya ini, siswa dikenakan biaya seragam sekitar Rp700 ribu untuk tiga pasang seragam sekolah, satu sweater, dan satu seragam seragam olahraga.

Sekolah Cikal

Setiap siswa jenjang SD di Sekolah Cikal akan dikenakan biaya masuk atau uang pangkal sebesar Rp 104,3 juta. Untuk SPP, sekolah ini mengharuskan siswa membayar Rp 6 juta per bulan.

Kalau ingin mendapat diskon bisa membayar setiap 3 bulan sebesar Rp 17,4 juta atau sekaligus satu tahun sebesar Rp 65,8 juta.

Sekolah Cikal didirikan Najelaa Shihab, putri Quraish Shihab. Sekolah ini juga menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB).

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*