10 Agustus, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas), Inilah Sejarah dan Tema Peringatannya

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Kebangkitan Teknologi Nasional atau Hakteknas diperingati pada Selasa, 10 Agustus 2021. Hakteknas diperingati sejak 26 tahun lalu atau tahun 1995.

Peringatan Hakteknas berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 71 Tahun 1995. Tujuan peringatan Hakteknas adalah untuk menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta memberi dorongan agar iptek semakin berkembang.

BACA JUGA:

Tema perayaan Hakteknas 2021 ini adalah “Integrasi Riset untuk Indonesia Inovatif”, dengan sub-tema “Optimisme Inovasi Berbasis Teknologi di Tengah Pandemi”.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan aneka kegiatan peringatan Hakteknas yang bertujuan untuk menyosialisasikan hasil-hasil ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta inovasi di sektor pendidikan.

Tahukan kamu, penetapan Hakteknas ini rupanya tak lepas dari sosok Presiden Indonesia ketiga, B.J. Habibie. Penetapan 10 Agustus sebagai Hakteknas berawal dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung. Pesawat ini adalah gagasan dan rancangan B.J. Habibie.




1 Comment

  1. Namun sy Sangat Prihatin atas kurangnya Semangat Nasionalisme Pemuda-Pemuda Massa Kini(2010-2022) yg sama sekali menganggap bahwa Sejarah sangat Tidak Penting/Tidak Berguna. Mereka mengatakan ngapain kita harus repot-repot/Membuang waktu untuk mengingat Massa Lalu(Sejarah). Padahal Kita selalu belajar dari Massa Lalu(Sejarah) supaya tercapainya Hasil/Anugerah(Massa Kini) Dan pastinya Kita memiliki Niat,Tekad,Usaha,Semangat,& Do’a Untuk tercapainya Harapan(Massa Depan) & Jgn lupakan Saran/Nasehat Bung Karno, “JAS MERAH” Jangan Sampai Lupakan “SEJARAH”

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*