Geblek Kelor Hasil Inovasi dari Dosen ITNY dan UNY




Beberapa orang memegang geblek kelor di salah satu pameran. (KalderaNews.com/Foto Ist}
Beberapa orang memegang geblek kelor di salah satu pameran. (KalderaNews.com/Foto Ist}

KULONPROGO, KalderaNews.com.com – Geblek adalah makanan khas Kulonprogo. Produk ini dikenal dan menjadi salah satu ciri khas Kulonpogo. Sebagai suatu usaha pengembangan produk, tiga dosen dari Institut Teknologi Nasional Yogyakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta berinovasi dengan mencipakan produk geblek dari kelor.

Ketiga dosen itu adalah Daru Sugati (ITNY), Nani Ratnaningsih (UNY), dan Mutiasari Kurnia Devi (ITNY). Produk ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat ini dikemas dalam Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) dan telah berlangsung tiga tahun sejak tahun 2019.

Dari dana hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemendikbudristek, ketiga dosen ini menghasilkan produk geblek fungsional dengan mengkreasikan Geblek Kelor. Kelor atau Moringa oleifera merupakan salah satu tanaman yang banyak mengandung nutrisi dan banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Kelor sendiri juga dikenal bermanfaat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti hiperkolesterolemia, tekanan darah tinggi, kanker, hingga peradangan.

BACA JUGA:

“Rencananya kami akan mendampingi produk geblek ini untuk dapat ijin BPOM. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pada aspek teknis khususnya line production serta aspek lingkungan terkait limbah,” jelas Nani.

Menurut Daru Sugati, selama ini Geblek dikenal sebagai makanan tradisional yang terbuat dari pati singkong basah. Sejauh ini, program ini telah berhasil menciptakan berbagai macam varian rasa yaitu geblek original, tenggiri, udang, tuna, serta diversifikasi produk. Program ini fokus pada pengembangan produk unggulan daerah.

“Kami melihat produk geblek sangat potensial untuk menjadi produk unggulan dari daerah Kulonprogo,” kata Daru Sugati, Rabu, 18 Agutus 2021.

Program pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu perwujudan tridharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Dalam program ini, dosen ITNY dan UNY berkolaborasi dalam menghasilkan produk yang diharapkan mampu menjadi unggulan di daerah Kulonprogo.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*