Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Bersiap Memiliki Rektor Baru

Rektor Universitas Sanata Dharma, Johanes Eka Priyatma
Rektor Universitas Sanata Dharma, Johanes Eka Priyatma (KalderaNews/Harry Setianto Sunaryo SJ)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta telah menyelesaikan tahap awal pemilihan rektor baru yang akan menggantikan rektor saat ini, Johanes Eka Priyatma. Rangkaian awal proses ini diawali dengan pemilihan bakal calon rektor USD yang dilakukan dari 30 Juli- 6 Agustus 2021 yang lalu.

Dalam pemilihan bakal calon rektor USD ini, dilakukan pemungutan suara yang bersifat langsung, bebas, dan rahasia yang diikuti oleh 916 pemilih dari kalangan dosen, karyawan, dan beberapa perwakilan mahasiswa, perwakilan fakultas. Kegiatan ini diselenggarakan di lima kampus USD menggunakan sistem drive thru dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap hari selama proses ini dilakukan pembatasan kuota pemilih maksimal sebanyak 60 orang per hari di masing-masing kampus.

Upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan dan menjegah penularan Covid-19. Ketua Panitia Pemilihan Bakal Calon Rektor (PPBCR) USD, Aufridus Atmadi menyampaikan, terdapat 42 kandidat yang dipilih secara sistemik berdasarkan kriteria bakal calon rektor USD.

BACA JUGA:

“Hasil pemungutan surat suara bakal calon rektor ini akan dihitung oleh PPBCR, kemudian sekitar 3-5 kandidat dengan perolehan suara terbanyak akan dilaporkan ke Senat Universitas Sanata Dharma untuk menentukan calon rektor,” tutur Pak Atmadi.

Seperti diketahui, Rektor USD, Johanes Eka Priyatma, akan mengakhiri tugasnya akhir tahun ini. Eka berharap, 42 kandidat yang ada akan dipilih rektor baru yang memiliki keberanian dalam melakukan perubahan-perubahan mendasar dan transformatif demi lahirnya pendidikan yang tanggap zaman.

“Saya mohon semua pihak USD menyambut dengan antusias siapapun pemimpin yang baru. Maka pemilihan bakal calon ini penting karena siapa yang terpilih itu sungguh merepresentasikan semangat baru, harapan baru, dan semuanya bisa diwujudkan serta dikelola oleh rektor yang baru itu pula.”

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*