Pusat Vaksinasi Bagi Pelajar di Yogyakarta

Vaksinasi di salah satu SMP di Yogyakarta. (KalderaNews.com/foto.Its)
Vaksinasi di salah satu SMP di Yogyakarta. (KalderaNews.com/foto.Its)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Pemerintah Kota Yogyakarta berencana membuka sentra vaksinasi khusus untuk pelajar. Langkah ini sebagai terobosan untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19. Untuk mewujudkan rencana ini, Pemkot Yogyakarta akan membuka pusat vaksinasi di salah satu SMA di Yogyakarta.

Sekretaris Satgas Percepatan Vaksinasi Kota Yogyakart,a Tri Hastono mengatakan, pusat vaksinasi untuk pelajar ini akan memperkuat layanan sentra vaksinasi yang sudah ada. Ia mengatakan layanan vaksinasi bagi pelajar di Kota Yogyakarta sudah dimulai dengan menggelar vaksinasi massal di sejumlah SMP secara bergantian sejak Juli lalu. Saat ini, sudah ada beberapa siswa yang menjalani suntikan vaksin dosis kedua. “Selain sentra vaksinasi, sekolah pun dimungkinkan untuk menggelar vaksinasi. Beberapa sekolah sudah meminta agar siswa bisa divaksin di sekolah,” kata Hastono, Rabu 25 Agustus 2021, di Yogyakarta.

Sebelumnya, Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti berharap, vaksinasi untuk pelajar yang bersekolah di Kota Yogyakarta dapat mencapai 70 persen pada akhir September. Ia memastikan seluruh sekolah di Kota Yogyakarta sudah memenuhi verifikasi teknis protokol kesehatan untuk kebutuhan belajar mengajar secara langsung. “Mekanisme dan aturannya sudah siap,” katanya.

BACA JUGA:

Dengan jumlah pelajar tervaksinasi yang mencukupi, maka Haryadi berharap, rencana untuk menggelar kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dapat terlaksana. Meskipun materi pelajaran dapat disampaikan secara daring, katanya, pembelajaran tatap muka tetap dibutuhkan karena belajar mengajar tidak hanya untuk kepentingan akademik tetapi juga sosial. Hingga saat ini, vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah menyentuh sekitar 416 ribu warga untuk suntikan dosis pertama.

Percepatan vaksinasi terus dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta. Pemkot bekerja sama misalnya dengan jajaran TNI dan Polri untuk menggenjot capaian vaksinasi, terutama bagi para pelajar usia 12 tahun ke atas. Hastono mencatat, jumlah pelajar di kota Yogyakarta secara keseluruhan terdapat 57.141 siswa, jumlah tersebut merupakan pelajar di jenjang SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

Saat ini baru sekitar 20 persen pelajar yang sudah mendapat vaksinasi. Hastono menjelaskan, siswa masih dimungkinkan ada siswa mengikuti vaksinasi yang dilakukan TNI/Polri maupun organisasi lain sehingga jumlah siswa yang sudah divaksin menjadi lebih dari 20 persen.

“Sampai dengan tanggal 23 Agustus itu sudah tervaksin 10.472 jadi kurang lebih 20 persen dari populasi pelajar di Jogja,” katanya. Seterusnya akan dilakukan konsolidasi dengan wilayah lain, sehingga diharapkan data jumlah pelajar yang sudah mendapatkan vaksinasi lebih akurat.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*