Skin Care Penghilang Bekas Luka La Cica, Diciptakan Mahasiswa UB dari Pegagan

skin care, la cica, FK UB,
Tim mahasiswa FK UB yang menciptakan skin care La Cica dengan bahan dasar pegagan. (KalderaNews/Ist)

MALANG, KalderaNews.com – Skin Care merupakan produk yang makin digemari di banyak kalangan perempuan saat ini. Dari yang berusia remaja hingga para ibu, skin care dibutuhkan dalam kehidupan keseharian. Skin care ini sendiri juga beragam jenis dan kegunaannya.

Lima mahasiswa dari fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) menciptakan skin care multifungsi yang diberi nama La Cica. Skin care yang diciptakan lima mahasiswa FK UB ini dibuat dengan bahan utama tumbuhan pegagan (Centella asiatica).

BACA JUGA:

Produk buatan anak bangsa ini berbentuk gel dan dapat bermanfaat untuk penyembuhan luka serta perbaikan skin barrier untuk jerawat dan kulit kering. La Cica, nama produk buatan anak FK UB tersebut, juga berfungsi sebagai pelembab.

Nama kelima mahasiswa dari FK UB tersebut adalah Muhammad Rizky Triantoro, Iin Alipiani, Atha Fawwazah, Nadela Cintya Nurtyas, dan Ulfa Malihatus Sholihah. Rizky, panggilan akrab ketua tim ini menyebutkan bahwa permasalahan kulit itu sering kali dijumpai sebagai faktor luar. Penyebab masalah kulit ini bisa dari cuaca, alergi atau hal lain. Penyebab-penyebab tersebut dapat menyebabkan cedera pada kulit, jerawatm stretch mark, dan penuaan dini.

Fenomena masalah kulit tersebut memantik lima orang mahasiswa FK UB ini untuk berinovasi dengan menciptakan produk yang mampu mengatasi masalah kulit. La Cica kemudian dibuat berbentuk gel wound healing dan moisturizer luka sebagai perbaikan skin barrier.

Pegagan sebagai bahan dasar La Cica ini dipilih karena mengandung asiaticoside dan triterpenoid yang berfungsi untuk menyembuhkan luka. “Pegagan mempunyai peran yang baik untuk pembentukan kolagen. Protein struktur yang terkandung dalam pegagan dapat membantu penyembuhan luka dan dapat berperan sebagai antibakteri terhadap Propionibacterium acne dan Staphylococcus aureus yang menjadi penyebab infeksi jerawat.

Selain pegagan, gel ini juga dicampur dengan Aloe vera sebagai pelembab dan minyak esensial lavender yang menenangkan. Tidak terdapat alkohol dan paraben dalam produk La Cica ini menyebabkan La Cica aman digunakan seluruh kalangan termasuk ibu hamil. “Pegagan juga mengandung senyawa triterpenoid yang memiliki banyak manfaat dan efek farmakologis seperti antioksidan, anti aging, anti acne yang berperan dalam perbaian kulit. La Cica dapat dibeli secara bebas di platform loka pasar.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*