10 Tipe Umum Mahasiswa, Tipe Ke-5 Pasti Ada di Kelasmu




Ilustrasi: Mahasiswa di sebuah kampus. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa di sebuah kampus. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah dan menjadi mahasiswa merupakan masa penting yang akan memberikan wawasan dan pengalaman untuk kita. Di dalam dunia kampus kita akan belajar banyak hal termasuk membangun jejaring pertemanan dan relasi baru.

Dunia kampus juga memberikan kesempatan pada kita untuk banyak mempelajari karakter orang. Cara mempelajari karakter orang lain dapat dimulai dari mengenali teman sekelas. Di antara teman-teman sekelas apakah kamu termasuk tipe mahasiswa yang paling aktif di kelas atau mengikuti berbagai kegiatan di kampus? Ataukah kamu justru merupakan tipe mahasiswa yang pendiam.

BACA JUGA:

Dari sepuluh tipe umum mahasiswa Indonesia ini, tipe yang manakah kamu?

Si hobi menulis dan si foto kopi

Pasti ada mahasiswa yang suka mencatat atau merangkum mata kuliah yang disampaikan oleh dosen dengan detail. Sebaliknya, ada mahasiswa yang tidak suka menulis atau lebih suka pinjam catatan teman. Sebaliknya, ada mahasiswa yang tdiak suka mencatat atau lebih suka pinjam catatan teman.

Si pansos

Tipe ini adalah mahasiswa yang menjadikan kampus sebagai ajang runaway. Mereka bakal rela menghabiskan uang dan waktu untuk berdandan maksimal. Tidak perlu heran kalau penampilan mereka paling ‘wow’ dibandingkan dengan mahasiswa lain.

Si gangguan pendengaran mendadak

Mahasiswa tipe ini adalah tipe teman yang mendadak mengalami penurunan pendengaran saat menjalani UTS atau UAS. Mereka merupakan tipe yang tidak mau memberi contekan. Solidaritas saat UTS atau UAS bakal lenyap seketika saat berhadapan dengan tipe ini. Jangan sampai kamu menjadi tipe yang seperti ini, ya.

Mahasiswa abadi

Kesibukan bekerja sambil kuliah, terlalu santai atau kebanyakan nongkrong dan main bisa membuat mahasiswa menunda skripsi. Kelamaan lulus bisa membuatmu mendapatkan gelar sebagai mahasiswa abadi. Rata-rata seluruh kampus memiliki mahasiswa tipe ini.

Mahasiswa gawe

Jenis ini merupakan mahasiswa tingkat akhir yang mulai jarang terlihat di kampus. Bahkan mereka lebih sering fokus kerja saat berada di kelas. Mahasiswa yang telah memikirkan karir atau masa depan pekerjaan sehingga makin sibuk dengan dunia mereka sendiri.

Mahasiswa perpus

Mahasiswa tipe ini merupakan mahasiswa yang suka menghabiskan waktu untuk nongkrong di perpustakaan. Biasanya mereka akan membaca buku, mengerjakantugas, mencari bahan skripsi, dan keperluan tugas lain di perpustakaan. Tipe ini biasanya bakal membantu kawan-kawan lain saat ujian UTS atau UAS.

Mahasiswa kupu-kupu

Istilah ini memang tidak asing lagi, bukan. Mahasiswa kupu-kupu merupakan mahasiswa yang terbiasa dengan rutinitas kuliah pulang setiap hari atau enggan melakukan kegiatan lain yang diselenggarakan oleh kampus. Jenis mahasiswa seperti ini biasanya hanya mau datang ke kampus untuk kuliah saja.

Mahasiswa kura-kura

Tipe mahasiswa aktif aktif memang cocok mendapat julukan mahasiswa kura-kura. Aktivitas yang padat baik belajar maupun ikut kegiatan kampus, rapat organisasi mahasiswa, dan seabrek kegiatan produktif lainnya. Jangan heran bila mahasiswa jenis ini biasanya akan terlambat pulang setiap harinya.

Mahasiswa kuda

Hampir sama dengan mahasiswa gawe, mahasiswa kuda adakan akronim dari mahasiswa kuliah-dagang. Jenis mahasiswa ini bakal memanfaatkan segala situasi untuk menghasilkan uang. Jangan heran bila mereka rajin promosi produk atau jasa pada teman-teman di kampus.

Mahasiswa kunang-kunang

Mahasiswa kunang-kunang adalah jenis mahasiswa yang setelah kuliah akan nangkring atau nongkrong. Jenis mahasiswa seperti ini biasanya akan ada di setiap kampus juga. Tipe mahasiswa yang seperti ini biasanya akan masuk ke dalam kelas bila dosen sudah mulai mengabsen.

Itulah tadi jenis mahasiswa yang biasa ada di kampus Indonesia. Dari sepuluh jenis mahasiswa tersebut, kamu lebih mendekati ciri yang mana?  


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu  




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*