3 Tip Mudah Mengenal dan Memilih Ormawa untuk Mahasiswa Baru

Kiat Mahasiswa Baru
Ilustrasi: Kiat Mahasiswa Baru
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menjadi mahasiswa baru mugkin akan mengalami kebingungan saat memilih organisasi kemahasiswaan yang sesuai dengan keinginan dan kepribadianmu. Saat proses daftar ulang biasnaya di luar gedung terdapat tenda yang berisi mahasiswa dengan seragam yang berwarna-warni. Merekalah aktifis kampus yang sedang mencari adik tingkat untuk menjadi anggota baru.

Terdapat banyak pilihan organisasi di kampus yang mempromosikan diri dan berusaha untuk mengenalkan kelebihan organisasi mereka kepada para mahasiswa baru. Organisasi mahasiswa atau ormawa ini seolah sedang berkompetisi.

BACA JUGA:

Banyaknya ormawa yang sedang mencoba mencari anggota baru tersebut bisa jadi menimbulkan kebingungan buatmu untuk memilih mana yang tepat. Tidak perlu bingung.

Secara mudah kamu dapat membedakan bahwa ormawa itu terdiri dari tiga macam yakni: organisasi internal kampus, UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) serta organisasi eksternal kampus.

Organisasi internal kampus merupakan organisasi yang secara resmi diakui oleh pihak kampus sebagai bentuk kegiatan mahasiswa selain kegiatan akademik. Pihak kampus juga membuat anggaran dana untuk menunjang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh organsasi ini. organisasi internal ampus ini ada pada tingkatan pusat, fakultas, hingga jurusan. Organisasi ini seperti replica sistem kenegaraan kita, ada Presiden, DPR, MPR, dan lain-lain.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*