Dear Mahasiswa Baru, Simak 5 Tip Lulus Kuliah 3,5 Tahun Ini




Wisuda merupakan tahap seorang mahasiswa sudah memiliki pola pikir ilmiah (KalderaNews/Ist)
Wisuda merupakan tahap seorang mahasiswa sudah memiliki pola pikir ilmiah (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah yang lulus tepat waktu adalah idaman semua mahasiswa. Banyak keuntungan yang bisa didapat bila lulus kuliah lebih cepat, misalnya 3,5 tahun. Apalagi bila juga mendapatkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang relatif tinggi.

Dengan lulus lebih cepat, maka kesempatan memulai karier lebih awal lebih terbuka lebar. Istilahnya, dengan lulus kuliah 3,5 tahun,  maka kamu akan lebih banyak mendapat kesempatan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan impian.

BACA JUGA:

Selain itu, kesempatan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 juga makin terbuka lebar karena kamu dianggap serius dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan studi.

Keluarga akan bangga dengan prestasi yang diraih ini, dan tentu saja biaya kuliah yang dikeluarkan juga akan lebih hemat dibanding bila menunda lulus kuliah.

Inilah 5 trik jitu lulus kuliah 3,5 tahun yang harus kamu tahu:

Baca dan pahami buku panduan mahasiswa baru

Buku panduan ini biasanya diberiakn saat masa orientasi mahasiswa baru. Buku panduan ini berisi daftar mata kuliah yang dapat diambil pada setiap semesternya serta beban SKS yang harus diselesaikan oleh mahasiswa pada tiap semester berjalan.

Dengan memahami mata kuliah yang akan dijalani, kamu bisa mendapat gambaran yang lebih jelas dan mempermudah membuat target IPK pada tiap semester.

Tetapkan target IPK setiap semester

Indeks Prestasi Kumulatif akan menjadi penentu besaran SKS yang dapat diambil di semester berikutnya. Makin besar nilai IPK, maka makin banyak pula SKS yang dapat diambil di semester depan. Hal ini secara otomatis akan membuat waktu tempuh belajarmu di kampus lebih pendek. Menetapkan IPK setiap semester juga menjadi pemicu semangat belajar.

Jangan ada pengulangan mata kuliah wajib

Sejumlah mata kuliah seperti mata kuliah wajib hanya dapat diambil di semester tertentu, yakni semester gasal atau genap saja. Mengulang mata kuliah dapat membuatmu harus menunggu tahun berikutnya. Selain dapat mengulur waktu belajara di perguruan tinggi, hal ini juga dapat membuat kesempatan mendapatkan predikat cumlaude saat lulus berkurang.

Sering diskusi dengan dosen

Sejak awal sebaiknya kamu terbuka dengan dosen tentang cita-cita lulus kuliah 3.5 tahun ini, dengan terbuka pada dosen wali maupun dosen pembimbing, kamu dapat dibantu dan diarahkan oleh para dosen tersebut. Arahan yang mereka berikan dapat berupa bimbingan akademik hingga program belajar.

Ikut organisasi kampus dari semester awal

Mengikuti organisasi kampus dapat menambah keterampilan, baik soft skill maupun hard skill, sekaligus menambah jejaring. Melalui organisasi mahasiswa di kampus, kamu dapat mengenal senior dan juga bisa banyak sharing tentang target-target studi yang dibuat.

Itulah tadi lima trik lulus kuliah 3,5 tahun yang harus diketahui sejak menjadi mahasiswa baru. Di masa depan, jejaring yang luas juga akan membantu kita untuk masuk ke lingkungan kerja dengan lebih lancar. Semangat, ya!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*