5 Tip Sukses Menjadi Mahasiswa di Universitas Terbuka




Persiapan Kuliah
Ilustrasi: Persiapan Kuliah

JAKARTA, KalderaNews.com – Bila setelah lulus SMA atau SMK kamu ingin mencari tempat kuliah yang secara waktu dapat fleksibel dengan kualitas lulusan dan pembelajaran yang baik, salah satu opsi yang dapat diplih di negeri ini adalah menjadi mahasiswa Universitas Terbuka.

Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi negeri ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan inggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk yang tinggal di daerah terpencil.

BACA JUGA:

Serunya, Universitas Terbuka ini selain mendapatkan akreditasi nasional, juga telah memperoleh Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the Internasional Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA). Universitas Terbuka juga telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dari Badan Sertiikasi SAI Global dan SGS.

Bila Universitas Terbuka menjadi pilihanmu dalam melanjutkan pendidikan, simak 5 tip sukses menjadi mahasiswa di Universitas Terbuka berikut:

Proses pendaftaran

Tip pertama menjadi mahasiswa Universitas Terbuka adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Proses pendaftaran ini harus diikuti dan dicermati dengan baik. Perhatikan tanggal dan jadwal pendaftaran. Bila ingin mendapatkan beasiswa, proses pendaftaran harus dipersiapkan jauh-jauh hari.

Ikuti ujian tes masuk

Setelah melakukan proses pendaftaran dan memenuhi syarat perlengkapan dokumen yang diminta, sebagai calon mahasiswa Universitas Terbuka kamu harus mengikuti tes ujian masuk. Pastikan sudah belajar sebagai persiapan ujian masuk ini. Jika kamu baru lulus dari SMA atau SMK mungkin tidak terlalu kaget dengan proses ujian dan tidak harus belajar begitu keras. Namun, bila kamu telah lulus tahun lalu atau lebih lama lagi, mungkin kamu membutuhkan persiapan belajar dari awal yang jauh lebih keras.

Saat hari tes, datanglah lebih awal sebelum tes dimulai. Datang lebih awal dapat membuat kamu mampu melihat situasi dan kondisi dan memberikan gambaran apa yang akan kamu kerjakan nantinya. Persiapkan juga alat tulis yang dibutuhkan. Carilah informasi valid mengenai proses ujian yang akan kamu hadapi agar kamu dapat menyiapkan alat tulis yang dibutuhkan.

Menemukan gaya belajar yang sesuai

Setelah dinyatakan diterima, tip ketiga adalah rajin belajar. Menemukan cara belajar yang tepat dan efektif sangat diperlukan saat menjadi mahasiswa Universitas Terbuka. Proses pembelajaran di Universitas Terbuka berbeda dengan masa sekolah, sehingga menemukan gaya belajara yang sesuai sangat diperlukan agar prestasi akademikmu tetap bagus dan makin meningkat.

Rajin mempelajari modul

Tip berikutnya yang sangat penting adalah rajin mempelajari modul. Modul di Universitas Terbuka merupakan cakupan pembahasan yang akan dipelajari nantinya. Dengan rajin mempelajari modul, materi kuliah dapat dipahami dan didalami dengan baik.

Membuat resume

Saat membaca dan mempelajari modul, lakukan tip terakhir ini, yakni merangkum atau membuat resume. Pemberian modul belajar dalam Universitas Terbuka akan memberikan kemudahan dalam mencari referensi. Dengan merangkum materi yang ada di modul, berarti kita telah membaca dan menulis. Hal ini diharapkan dapat membuatmu lebih paham dengan materi yang ada. Saat membuat resume, kamu dapat juga menambahkan catatan-catatan penting.

Lima tip menjadi mahasiswa Universitas Terbuka itu harus dilakukan semua agar kamu sukses menempuh pendidikan di sana. Menjadi mahasiswa Univeristas Terbuka juga memberimu kesempatan untuk dapat bekerja sembari kuliah.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*