9 Tip Kuliah Ini Penting untuk Mahasiswa Baru di Jurusan Elektro, Simak Yuk




Ilustrasi: Mahasiswa baru. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa baru. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA KalderaNews.com – Jurusan elektro merupakan salah satu jurusan teknik yang laris manis jadi rebutan calon mahasiswa. Jurusan ini umumnya banyak diminati oleh kaum cowok daripada kaum Kartini. Jurusan ini pula terkenal mempunyai mahasiswa yang memiliki kemampuan berhitung di atas rata-rata sampai dengan logika pemecahan soal yang mengagumkan.

Bila tahun ini kamu berhasil terdaftar sebagai mahasiswa baru di jurusan elektro, Selamat ya. 9 Tip kuliah sukses di jurusan elektro ini harus kamu ketahui. Yuk, cekidot!

BACA JUGA:

Pastikan kuliah jurusan elektro ini passionmu

Hal pertama yang harus dipersiapkan agar sukses kuliah di jurusan elektro merupakan benar-benar passion dan cita-citamu. Hal ini penting dilakkan karena selama 4 tahun atau 3,5 tahun ke depan kamu akan berurusan dengan segala sesuatu tentang teknik elektro hampir setiap hari.

Jadi, memastikan bahwa jurusan ini merupakan passion di jurusan ini. Sehingga apabila ada masalah, kesulitan, sampai tantangan di masa depan, kamu tidak akan menyesali dan tidak mungkin menyerah di tengah jalan.

Rajin mencatat

Tip kedua untuk mahasiswa baru kuliah jurusan elektro adalah membuat catatan di setiap pertemuan. Langkah ini akan menjamin akan membantu dalam menghadapi perkuliahan teknik yang terkenal berat dan sulit. Kamu dapat mencatat penjelasan dari dosen atau bahkan materi yang dicatatkan oleh dosen.

Di dalam dunia perkuliahan, ada banyak sekali tipe dosen. Ada yang senang mencatatkan melalui papan tulis, mengirim PPT, atau bahkan hanya menjelaskan secara lisan. Tentu tidak salahnya untuk mencatat setiap penjelasan dosen dalam bentuk apa pun, karena masih mahasiswa baru dan belum mengerti mengerti tipe dosen yang ditemui.

Ulangi materi pelajaran

Salah satu keunggulan dunia perkuliahan dibanding SMA atau SMK adalah waktu yang dimiliki cukup fleksibel. Mahasiswa tidak harus datang ke kampus pukul 7 hingga 3 sore tanpa pulang sama sekali. Di dunia perkuliahan, kamu dapat memilih jam belajara sesuai dengan kapasitas yang kamu miliki.

Pada sela-sela waktu luang tersebut, sebagai mahasiswa baru kamu bisa mengulang pelajaran yang sudah dicatat sebelumnya. Pastikan kamu memahami setiap konsep dasar yang diajarkan. Berhubung teknik elektro akan erat kaitannya dengan berbagai perhitungan, maka pastikan juga kamu telah melatih skill berhitungmu agar lebih baik, ya.

Buatlah sirkel belajar

Tip yang satu ini sebenarnya tidak hanya untuk mahasiswa baru di teknik elektro, melainkan untuk semua jurusan. Membangun sirkel positif yang saling menguatkan dan mendukung dangat penting bagi proses perkuliahan dan kemajuan prestasi. Dengan sirkel yang positif ini kamu akan sama-sama belajara, mengulang materi, berdiskusi tentang suatu materi yang tidak dipahami, serta menambah relasi kelompok.

Aktif di kelas dan membantu dosen

Dosen tidak mungkin menghafal semua mahasiswa bila mahasiswa tidak aktif di kelas. Dengan aktif di kelas, dosen akan mudah mengingatmu serta sempatkan membantu dosen juga. Hal ini dapat menjadi cara yang efektif untuk senantiasa dekat dengan dosen dan dapat diberikan rekomendasi ketika mengikuti ajang lombang atau bahwa beasiswa bila benar-benar memiliki kapabilitas yang mumpuni. Aktivitas ini dapat dimulai dengan cara yang sederhana yakni membantu dosen, menjadi asisten laboratorium, atau bahkan menjadi asisten dosen.

Tingkatkan skill Bahasa Inggris

Tip yang satu ini sangat penting bagi mahasiswa di jurusan elektro. Selain menguasai matematika atau fisika, kamu wajib menguasai Bahasa Inggris. Karena sebagian besar buku di dunia perkuliahan menggunakan bahasa Inggris sekalipun bukan berasal dari kelas internasional.

Bahasa Inggris sering digunakan sebagai bahasa pengantas dalam buku yang digunakan atau bahkan latihan soal yang diberikan. Tidak hanya itu, di perkuliahan biasanya kamu juga diwajibkan untuk mengambil tes TOEFL.

Belajar berbagai software

Tidak hanya jurusan teknik informatika saja yang akan berurusan dengan berbagai software, jurusan teknik elektro juga mengharuskan mahasiswanya untuk menguasai beberapa program komputer. Beberapa program seperti MATLAB, Eagle, ISIS Proteus, atau ETAP akan ditemui di beberapa mata kuliah jurusan elektro.

Untuk hal ini kamu dapat menggali informasi dari kakak tingkat. Selain mendapatkan informasi yang valid juga dapat menambah relasi pertemanan.

Ikut organisasi

Selain harus aktif di kelas, kamu juga bisa mengikuti beberapa UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa atau juga organisasi kampus. Hal ini sangat penting untuk menambah relasi atau pertemanan dengan berbagai kawan dari fakultas atau bahkan provinsi yang berbeda. Tidak hanya itu, biasanya setiap jurusan memiliki standar poin yang harus dikumpulkan untuk melakukan ujian skripsi.

Kuatkan mental

Kuliah di jurusan elektri memang terkenal dengan ‘Awas tegangan tinggi!’, dan berbagai ujaran lain tentang teknik dan pengajarannya yang keras. Hal ini menjadi cara latihan atau untuk melatih mentalmu agar lebih tahan banting, mudah beradaptasi, dan mampu menyelesaikan masalah meskipun rasanya memang tidak mudah. Kuliah di teknik elektro memang keras, tetapi kehidupan setelah lulus dan dunia kerja akan jauh lebih keras dari perkuliahan.

Itu tadi 9 tip kuliah di jurusan elektro. Selamat ya buat kamu yang telah diterima di jurusan elektro idaman. Semangat belajar ya, Guys!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*