Panduan Praktis Belajar TOEFL dari Rumah, Mahasiswa Wajib Tahu




Ilustrasi Kelas Bahasa Inggris (KalderaNews.com)
Ilustrasi Kelas Bahasa Inggris (KalderaNews.com)

JAKARTA, KalderaNews.com – TOEFL yang merupakan singkatan dari Test of English as a Foregign Languange yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), yaitu sebuah lembaga di Amerika Serikat. TOEFL merupakan syarat masuk kuliah untuk hampir seluruh universitas di luar negeri seperi Amerika Serikat, Eropa, maupun Australia.

Istilah TOEFL yang ingin melanjutkan studi di luar negeri pasti sudah tidak asing dengan tes yang sati ini. TOEFL dibagi menjadi tiga jenis tes yakni PBT (Paper-based Test), CBT (Computer-based Test), dan IBT (Internet-based Test). Dari tiga jenis TOEFEL ini, PBT dan IBT paling sering digunakan dalam tes seleksi studi di luar negeri.

BACA JUGA:

Belajar TOEFL sebenarnya dapat dilakukan di rumah. Apalagi pada masa pandemi, kegiatan belajar TOEFL ini dapat diikuti tanpa harus keluar rumah. Inilah panduan praktis belajar TOEFL dari rumah:

Luangkan waktu satu hingga dua jam sehari

Terdengar bukan hal yang sulit, kan. Dari total 24 jam, kita hanya perlu meluangkan wakti 1 hingga 2 jam sehari. Kamu dapat memilih waktu yang paling nyaman buatmu, bisa pagi, siang, ataupun malam.

Kunci dari mempelajari bahasa asing adalah ketekunan. Belajar dua jam sehari dan rutin selama seminggu akan memiliki hasil yang lebih baik daripada belajar dengan durasi 10 jam tetapi hanya satu kali seminggu. Hal ini karena mempelajari bahasa diperlukan latihan dan penerapan yang terus menerus.

Fokus dan sebisa mungkin jauh dari hal yang dapat menjadi distraksi proses belajar. Buatlah jadwal belajara yang berpola seperti yang ingin dipelajari lebih awal. Misalnya hari pertama belajara listening, structure, reading, dan seterusnya.

Nonton film berbahasa Inggris

Menonton film adalah aktivitas yang santai dan menyenangkan. Selain untuk refreshing kegiatan ini juga dapat dipakai untuk meningkatkan kemampuan listening. Juga dapat untuk menambah kosakatamu, lho. Bak sekali merengkuh dayung, dua tiga pula terlampaui.

Yuk, latihan soal

Latihan soal TOEFL dapat diperoleh dari mana saja, bahkan di website online pun tersedia dengan gratis. Makin sering kamu berlatih, makin lancar nantinya kamu dalam mengerjakan soal.

Membaca adalah kunci

Membaca adalah cara kunci untuk menambah perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris. Kamu dapat memilih topik yang kamu sukai untuk mulai dibiasakan dibaca. Tidak perlu terlalu lama, misalnya 30 menit tiap hari sudah cukup asal rutin. Tidak perlu menghafal juga melainkan dengan cara memahami artinya.

Mulai menulis pakai bahasa Inggris

Menulis buku harian, artikel, pesan singkat bahkan caption media sosial dapat menjadi sarana penting dalam belajar menulis dengan bahasa Inggris. Jangan malu bertanya atau meminta bantuan orang lain untuk memeriksa hasil tulisanmu.

Belajar bicara

Latihan bicara menggunakan bahasa Inggris juga sangat penting. Kamu dapat bierbicara di depan cermin bila berlatih dengan orang lain terasa sulit. Dengan latihan berbicara secara langsung kamu akan terbiasa mendengarkan kata-kata dalam bahasa Inggris dan hal tersebut dapat membuatmu makin mudah ingat.

Turn your weakness into strengths

Dalam belajar TOEFL ini, temukan kelemahan yang kamu miliki dan latihlah lebih keras dengan memberikan porsi lebih pada jadwal yang telah kamu buat di awal. Dengan cara tersebut kamu akan dapat mengubah kelemahanmu menjadi kekuatan.

Tujuh langkah di atas merupakan panduan praktis belajar TOEFL yang dapat dilakukan di rumah. BIla kamu menemukan teman yang mempunyai tujuan sama akan lebih menyenangkan dan semangat.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*