Baru Lulus? 5 Hal Ini Harus Dipersiapkan Sebelum Melamar Kerja




Simak Cara Melamar Kerja
Ilustrasi: Simak Cara Melamar Kerja

JAKARTA, KalderaNews.com – Yudisium sudah, wisuda juga sudah. Kini saatnya mencari pekerjaan dengan melamar kerja. Tahukah kamu bahwa melamar pekerjaan juga ada strateginya. Sayangnya, tidak semua jurusan mengajarkan keterampilan melamar pekerjaan ini. Padahal hal ini sangat penting, ya.

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melamar kerja? Simak lima hal berikut yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan.

BACA JUGA:

Niat dan semangat yang kuat

Niat dan semangat yang kuat untuk bekerja harus menjadi hal pertama dan utama yang dipersiapkan dalam melamar pekerjaan. Proses persiapan melamar kerja sampai mendapatkannya tentu bukanlah proses yang gampang dan mulus-mulus saja. Pasti akan ada tantangan yang dihadapi.

Oleh karena itu, sejak awal kamu memutuskan untuk melamar pekerjaan, pastikan kamu telah memiliki niat dan motivasi serta semangat yang kuat untuk berjuang sampai akhir. Motivasi dan semangat yang terpancar dari diri kamu juga akan membuat kamu terlihat lebih percaya diri.

Stalking!

Sebelum kamu memutuskan untuk melamar ke suatu perusahaan tertentu, sebaiknya kamu  mempelajari terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut. Kamu dapat melakukan riset mendalam mengenai profil perusahaan, sistem kerja, bagaimana jenjang karier di perusahaan tersebut.

Kalau kamu merasa kesulitan untuk riset di internet, kamu dapat bertanya kepada seseorang yang pernah bekerja di sana untuk mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai perusahaan. Pahami bahwa riset mengenai perusahaan yang ingin kamu lamar adalah hal yang penting. Selain untuk memastikan kamu yakin untuk melamar pekerjaan di sana, riset ini juga akan membantumu dalam menjawab pertanyaan saat interview, lho.

Dokumen harus siap

Dokumen merupakan hal penting yang harus kamu persiapkan berikutnya saat mencari kerja karena memang bisanya perusahaan meminta syarat pelamar melengkap beberapa dokumen untuk keperluan tes atau kelengkapan administrasi.

Pastikan juga kamu mengirimkan dokumen dengan benar dan berilah dokumen yang dapat membuat perusahaan tertarik untuk merekrutmu. Beberapa dokumen yang harus kamu siapkan antara lain: fotokopi ijazah dan transkrip nilai, fotokopi KTP, pas foto terbaru, curriculum vitae, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi sertifikat yang relevan, surat pengalaman kerja (bila sudah punya).

Pengalaman dan keterampilan

Hal penting berikutnya yang harus dipersiapkan dalam melamar kerja adalah menyiapkan pengalaman dan keterampilan. Hal ini menjadi penting karena akan menentukan arah pencarian pasar kerja.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berpikir dengan matang mengenai apa saja pengalaman dan keterampilan yang bisa kamu tawarkan kepada perusahaan guna meyakinkan mereka bahwa kamu adalah calon yang tepat.

Pengalaman dan kemampuan apa yang menonjol dari dirimu dan jangan lupa bahwa semuanya harus sesuai dengan bidang yang kamu lamar. Pengalaman dan keterampulan ini tidak hanya kamu tunjukkan saat interview nanti, tetapi juga harus didokumentasikan melalui CV dan portofolio. Buatlah pengalaman dan keterampilan yang kamu miliki sebagai jawaban dan solusi dari kebutuhan perusahaan.

Personal branding

Di era seperti ekarang ini, personal branding adalah salah satu hal paling penting agar kamu dapat diterima pekerjaan. Kamu bisa mencoba membuat personal branding sesuai dengan kemampuan kamu.

Buatlah diri kamu terlihat seperti seprofesional mungkin dan setiap orang yang mengenal kamu mengakui kemampuan yang kamu miliki. Kamu dapat memanfaatkan media sosialmu memperkuat personal branding kamu karena tidak jarang perusahaan juga kepo dengan media sosialmu.

Lima hal penting di atas merupakan hal yang harus dipersiapkan saat akan melamar pekerjaan. Lima panduan tersebut dapat diaplikasikan dengan mudah. Semoga segera mendapatkan pekerjaan impian, ya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*