Kecerdasan Akademik Tidak Menjamin Kesuksesan, Kecerdasan Emosional Lebih Berperan




Kecerdasan Emosional
Kecerdasan Emosional: Kemampuan untuk mengenali serta mengelola emosi atau perasaan, baik diri sendiri maupun orang lain (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kesuksesan seseorang ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali serta mengelola emosi atau perasaan, baik diri sendiri maupun orang lain.

Layaknya kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional bisa ditumbuhkan, dilatih dan dikembangkan terus-menerus selama manusia hidup. Bagi mahasiswa, memiliki kecerdasan emosional sangat berguna untuk membangun hubungan pribadi dan karier di masa yang akan datang.

BACA JUGA:

Dekan Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta, Dr.dr Taufik Pasiak M.Kes, M.Pd I menegaskan kecerdasan emosional ini sangat erat kaitannya dengan kesuksesan seseorang.

“Jadi kecerdasan akademik tidak menjamin kesuksesan dalam kehidupan seseorang. Kecerdasan emosional lah yang lebih berperan dalam hal tersebut, antara lain empati, daya juang, kecerdasarn emosi, dan kecerdasan biofilia,” jelasnya di sebuah webinar UPN Veteran Jakarta baru-baru ini.

Ia menambahkan pentingnya kecerdasan emosional berdampak tidak hanya pada kesehatan diri, tapi juga pada kesuksesan di tempat beraktivitas.

Setiap lingkungan memiliki masyarakat yang berbeda dan juga pemikiran yang berbeda-beda sehingga membutuhkan kecerdasan untuk bisa menyesuaikan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*