Kamu Fresh Graduate? Yuk Simak Cara Melamar Kerja!




Simak Cara Melamar Kerja
Ilustrasi: Simak Cara Melamar Kerja

JAKARTA, KalderaNews.com –  Kamu sudah luus kuliah? Wah, pasti senang ya! Namun, lulus kuliah bukanlah akhir perjuangan. Justru menjadi tahap awal untuk menghadapi kehidupan yang sebenarnya, yaitu dunia kerja.

Kondisi saat ini, mencari pekerjaan tidaklah mudah apalagi bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Padahal, tidak sedikit perusahaan yang sangat memprioritaskan calon pegawai yang sudah memiliki pengalaman kerja. Tentunya, ini menjadi tantangan bagi fresh graduate.

Nah, agar kamu sukses mencari kerja, yuk simak tips berikut:

Kualitas CV yang baik
Tak ada salahnya kalau kamu kreatif dalam membuat Curriculum Vitae, mulai dari desain hingga font style yang digunakan. Buatlah CV dengan tampilan yang profesional. Selain itu, kalau CV pada umumnya hanya menampilkan biodata diri, pendidikan, dan prestasi secara singkat, kini bahaslah pada poin tertentu dengan lebih detil. Tentunya hal tersebut akan membuat perusahaan tertarik dengan kamu. Berikut poin-poin yang perlu diperhatikan agar CV kamu berkualitas.

BACA JUGA:

Lamar pekerjaan melalui e-mail
Saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan e-mail untuk menyeleksi para pelamar pekerjaan. Tentu ini akan memudahkan pihak perusahaan melihat CV kamu. Perlu kamu ketahui bahwa pengiriman lamaran pekerjaan melalui e-mail tidak bisa sembarangan. Agar CV kamu dibaca dan dipanggil untuk melakukan proses penyeleksian ke tahap selanjutnya, berikut beberapa yang harus kamu perhatikan, yakni alamat e-mail yang profesional, subjek yang benar, Isi cover letter dengan baik, lampiran file pada e-mail.

Perluas jaringan
Jika kamu belum mendapatkan pekerjaan, tetaplah semangat mencari lowongan kerja. Jangan pernah malu bertanya soal loker kepada saudara, teman atau siapapun yang kamu kenal. Dengan memperluas jaringan, kamu akan mendapatkan banyak informasi. Tentunya hal tersebut akan menguntungkan kamu untuk melamar pekerjaan di banyak tempat. Sehingga peluang untuk dipanggil perusahaan ada.

Asah keahlian kamu
Isilah waktu kosong kamu dengan kegiatan yang positif, seperti mengasah keahlian yang dimiliki, tentu yang sangat menunjang dengan pekerjaan nanti, seperti berbisnis, menulis artikel, ikut les bahasa inggris dan sebagainya.

Saat dapat panggilan interview
Berilah kesan yang baik saat wawancara dengan persiapkan diri dengan matang. Sering berlatih akan buat kamu lebih percaya diri pada saat interview. Perusahaan akan menilai kepribadian kamu bukan hanya dari sikap dan komunikasi saja, tapi dari cara berpakaian.

Berusaha dan berdoa
Jangan pernah merasa lelah apalagi putus asa untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Tetaplah berusaha dengan mencari informasi lowongan pekerjaan dengan berbagai cara. Selain itu, jangan lupa untuk perbanyak doa. Tetap semangat! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*