Siswa Kelas XII Wajib Baca! Inilah Beda Universitas dengan Beragam Perguruan Tinggi Lain




Mahasiswa di sebuah Universitas

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat memasuki bangku kelas XII atau kelas 3 SMA/SMK atau MA, gambaran tentang melanjutkan kuliah tentu menjadi bayangan. Dengan memilih jurusan dan kampus yang tepat, tentu saja cita-cita satu langkah makin dapat terwujud.

Namun, bila kamu belum paham tentang apa beda universitas, politeknik, institute, sekolah tinggi, dan akademi, kamu dapat makin bingung untuk memilih jurusan yang tepat. Agar makin paham dan tidak galau saat memilih jurusan kelak, simak beda universitas, politeknik, institut, sekolah tinggi, dan akademi berikut ini.

BACA JUGA:

Universitas

Universitas merupakan jenis perguruan tinggi yang biasanya terdiri dari sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan pendidikan vokasi. Bisa dikatakan bahwa universitas ini menyelenggarakan dua jenis pendidikan tinggi. universitas biasanya juga menyediakan berbagai rumpun pendidikan tanpa batas misalnya: Ilmu Komunikasi, Ekonomi Islam, Kedokteran, Pendidikan, dan lain-lain.

Politeknik

Politeknik merupakan sekolah tinggi yang juga menyelenggarakan pendidikan vokasi. Ciri khas dari politeknik yang sangat mencolok bila dibandingkan dengan jenis-jenis perguruan lainnya adalah pada bidang pendidikan yang diselenggarakannya.

Polilteknik bertuan menyiapkan generasi yang siap menjadi anggota masyarakat dengan kompetensi professional sehingga dapat mengaplikasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan semua ilmu yang telah didapatkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Institut

Institut memiliki sejumlah fakultas dan juga menyelenggarakan jenis pendidikan vokasi maupun akademik. Rumpun keilmuan yang diselenggarakan bisa tentang ilmu pengetahuan, seni maupun teknologi.

Perbedaan institut dengan universitas terdapat pada jenis keilmuan yang diselenggarakan, yakni fakultas yang ada pada institut ini diambil dari salah satu jenis keilmuan saja. Sedangkan universitas mempunyai fakulas yang di dalamnya terdapat banyak jenis keilmuan.

Sekolah Tinggi

Secara umum Sekolah Tinggi hampir sama dengan universitas maupun institute. Ketiganya sama-sama menyelenggaraan pendidikan akademik dan vokasi. Hanya saja, untuk Sekolah Tinggi ini hanya memiliki satu fakultas saja. Kemudian satu fakultas tersebut dbagi lagi ke berbagi jurusan. Seperti misalnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi hanya menyiapkan jurusan-jurusan fakultas ekonomi.

Akademi

Akademi merupakan sekolah tinggi yang menyelenggarakan perkuliahan vokasi pada satu atau beberapa cabang ilmu teknologi, pengetahuan hingga seni. Akademi ini hanya mampu mengadakan pendidikan vokasi yang berasal dari satu cabang ilmu. Seperti pada akademi sekretaris dan Manajemen Don Bosco yang hanya mempunyai jurusan Kesekretariatan dan Manajemen.

Itulah perbedaan universitas, politeknik, institut, sekolah tinggi, dan akademi yang harus dipahami oleh siswa kelas XII. Dengan memahami perbedaan beragam perguruan tinggi, maka kamu tidak akan salah dalam memilih jurusan kuliah kelak.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*