9 Cara Jitu Cepat Dapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah




Lulus Kuliah Langsung Dapat Kerja
Ilustrasi: Lulus Kuliah Langsung Dapat Kerja

JAKARTA, KalderaNews.com – Perjuangan sebagai mahasiwa tingkat akhir dengan skripsi dan dosen pembimbing akhirnya terbayar lunas ketika yudisium dan disusul dengan prosesi wisuda. Meskipun dalam dua tahun ini wisuda dilaksanakan secara online, haru biru perjuangan kuliah tetap terasa sebagai pengalaman berharga.

Modal mencari pekerjaan impian telah ada di dalam genggaman. Sekarang waktunya untuk mencari pekerjaan. Kamu perlu paham 9 cara jitu untuk cepat dapat pekerjaan berikut. Simak, yuk!

BACA JUGA:

Bangun banyak relasi

Membangun relasi atau network dapat dilakukan dengan mencari banyak teman, mengikuti kegiatan kemahasiswaan, melakukan banyak kegiatan masyarakat atau pengabdian masyarakat, dan atau sekolah sambil kerja. Hal ini penting sebagai bangunaan jembatan saat nanti lulus kuliah agar cepat mendapatkan pekerjaan.

Manfaatkan kegiatan pengabdian masyarakat

Misalnya adalah mengikuti program KKN atau Kuliah Kerja Nyata dengan sebaik mungkin. Diberikan waktu selama 1 bulan lama untuk kita dalam melaukan KKN ini. Terlepas dari kegiatan kampus dan langsung terjuan ke masyarakat. Selain KKN juga bisa didapat dari program PKL atau PPL atau permagangan. Ini dilakukan sebagai pelatihan kerja. Mempelajari kondisi lingkungan kerja yang sebenarnya. Menjadikan pengalaman awal untuk merasakan bekerja sesuai jurusan yang ditempuh saat kuliah.

Ikuti Job fair

Tidak perlu menunggu lulus sebenarnya untuk mengikuti kegiatan ini. Selama masih bisa kerja sambil kuliah, kita bisa memanfaatkan kesempatan lowogan kerja di job fair dengan baik. Namun, kebayakan hasil dari lamaran kerja di job fair akan diumumkan dalam kurun waktu tertentu. Tidak secara langsung. Siapa tahu akan mendapatkan jawabannya saat susah lulus kuliah.

Bekerja sambil kuliah

Bahasa keren dari bekerja sambil kuliah adalah freelance. Banyak pekerjaan freelance yang dapat dipilih, misalnya sebagai penulis freelance, kerja shift, atau membuak usaha sendiri. Yang terpenting tidak mengganggu kuliah.

Bila semasa kuliah kamu telah menjadi pekerja freelance, ada baiknya melanjutkann itu hingga lulus sambil terus mencari pekerjaan yang menawarkan penghasilan dan jenjang karier lebih baik.

Aktif menjadi volunteer atau relawan

Menjadi volunteer atau relawan dapat dilakukan sejak menjadi mahasiswa. Menjadi relawan dapat digunakan sebagai kesempatan untuk mengikuti banyak komunitas. Pengalaman juga akan makin bertambah. Tidak memikirkan uang, yang terpenting mencari banyak teman dan pengalaman.

Asah bakat atau skill yang dimiliki

Cara lain untuk cepat mendapat pekerjaan adalah dengan mengasah bakat atau skill yang telah dimiliki. Skill atau keterampilan lain selain ilmu yang didapatkan dari jurusan sangat diperlukan di dunia kerja. Hasil kerja nyata dan bisa memberikan kontribusi besar untuk tempat kerja.

Coba semua kesempatan

Mencoba semua kesempatan atau peluang kerja dapat menambah banyak pengalaman juga. Dapat dijadikan sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan.

Jangan gengsi bertanya

Jangan pernah gengsi untuk bertanya. Dengan banyak bertanya, berarti kita membuka tempat sharing dan berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain. dengan mendaoat banyak pengetahuan dari teman kita, tentunya akan mendapatkan saran atau masukan yang akan didapatkan.

Berdoa dan berusaha

Setelah berusaha, berdoa merupakan hal penting yang dapat dijadikan sauh dalam keberhasilan mendapatkan pekerjaan yang mapan.

Sembilan tip jitu di atas dapat dicoba semuanya. Jangan lupa juga kamu siapkan semua dokumen yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Semangat, ya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*