Tip Sederhana Kuliah Hybrid yang Harus Diketahui Mahasiswa Generasi Pandemi




Tips Awal Kuliah
Ilustrasi: Tips Awal Kuliah

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah hybrid atau kuliah dengan sistem campuran, mau tidak mau menjadi pilihan pada tahun kedua pandemi ini. Kuliah hybrid merupakan sistem perkuliahan tatap muka di kampus sebanyak 50%, dan sisanya masih kuliah secara daring.

Kampus yang sudah diberi lampu hijau untuk melakukan perkuliahan tatap muka pasti sudah memenuhi standar protokol kesehatan, seperti menyediakan fasilitas wastafel, handsanitizer, memakai masker, dan menerapkan physical distancing.

BACA JUGA:

Bila kuliah hybrid menjadi pilihan di tengah masa pandemi ini, inilah tips yang diperlukan oleh mahasiswa untuk menjalaninya dengan cara yang menyenangkan. Apa saja tip yang dimaksud tersebut? Yuk simak!

Yuk belajar mandiri

Gaya pembelajaran yang kita dapatkan dari dosen memang sangat beragam. Mulai dari dosen yang suka berinteraksi penuh, membagikan PPT, hingga membuatkan rangkuman dari materi mengajarnya tersebut. Sebagai mahasiswa, kita tidak bisa bila hanya mengandalkan ‘disuapin’ materi saja dari dosen. Belajar secara mandiri diperlukan saat kuliah hybrid telah dimulai. Dengan belajar secara mandiri, kita akan dapat memahami materi kuliah lebih baik ketimbang hanya pasif menunggu.

Protokol kesehatan setiap saat

Karena kuliah hybrid juga memberikan kesempatan untuk bertatap muka secara langsung, maka penerapan protokol kesehatan secara ketat sepanjang waktu diperlukan. Meskipun telah mendapatkan perlindungan berupa vaksin, menjaga protokol kesehatan harus terus dilakukan saat perkuliahan tatap muka. Selian itu, menjaga kesehatan secara umum juga harus terus dilakukan, yakni menjaga nutrisi yang dikonsumsi, istirahat dengan cukup, dan menghindari stres.

Biasakan mengatur waktu

Akan ada banyak hal yang ‘menumpuk’ bila tidak langsung diselesaikan saat kuliah hybrid. Maka untuk menghindari adanya tugas yang terlupa, maka catat seluruh tugas dan mulai dikerjakan satu-persatu, sesuai dengan prioritas. Dengan mengetahui pekerjaan apa saja yang harus dilakukan dan dikerjakan, serta mengetahui skala prioritas nanya, ini merupakan bukti bahwa kamu telah dapat mengatur waktu dengan baik.

Tiga tip sederhana tersebut dapat diterapkan dengan mudah dalam kehidupan keseharian mahasiswa baru. Tetap semangat menempuh ilmu ya, Gaes!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*