Pelajar Mahasiswa Harus Cobain! Kebiasaan Baru untuk Semester Baru Ini




Ilustrasi pembelajaran metode hybrid (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi pembelajaran metode hybrid (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Semester baru sudah sepantasnya diisi dengan dengan semangat baru. Meskipun semester baru kali ini masih dalam situasi pandemi, dan perkuliahan atau pembelajarn sebagian masih dilakukan dengan cara blended learning, tetapi hal ini tidak perlu menjadi alasan kendor belajar.

Masuk pada semester baru, biasanya kita akan mendapat tantangan baru. Untuk itu, ada kebiasaan baru yang harus dipersiapkan dalam memasuki semester baru ini. Kebiasaan baru ini sudah tentu akan mendorongmu mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi di semester ini.

BACA JUGA:

Inilah kebiasaan baru yang baik yang harus kamu coba semester ini agar prestasimu makin moncer!

Hadir lebih awal

Meskipun pembelajarn masih berlangsung secara blended learning, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan. Menyiapkan diri sebelum kelas dimulai pasti akan membuat vibe belajarmu lebih nyaman dibanding kamu masuk room saat guru atau dosen telah mulai pelajaran.

Demikian juga bila kamu telah belajar offline, datang lebih awal menandakan kamu telah siap belajar dan pasti dosen atau gurumu akan mengapresiasi hal itu.

Catat! Catat! Catat!

Dosen atau guru pasti akan memberikan materi pelajarannya. Namun, jangan salah, bisa jadi soal ujian muncul dari penjelasan beliau yang tidak ada di dalam materi, tetapi ada dalam penjelasan verbal. Oleh karena itu, biasakan mencatat penjelasan guru atau dosen terutama hal- hal penting dari slide yang beliau berikan.

Berdiskusi dengan Guru atau Dosen

Bila kamu belum memahami materi kuliah atau pelajaran, kamu bisa menanyakan langsung pada guru atau dosenmu. Hal ini tidak akan membuatmu terlihat rendah di mata mereka, sebaliknya, kamu berarti memberikan perhatian penuh saat beliau mengajar. Kamu bisa bertanya langsung saat jam pelajaran atau bisa juga di luar sesi bila waktu pelajaran sudah habis. Pastikan kamu bertanya dengan cara yang sopan lagi santun, ya!

Ikuti Ekskul atau Organisasi

Selain belajar kamu perlu juga mengembangkan diri baik melalui hobi maupun soft skill. Kamu bisa bergabung dengan salah satu unit ekstra kurikuler yang sesuai dengan hobimu, misalnya olahraga. Atau kamu juga bisa bergabung dengan organisasi di kampus atau di sekolah untuk mengembangkan soft skill seperti kepemimpinan, berorganisasi, dan lain-lain. Hal ini akan menambah poin positif kamu kelak saat masuk di dunia kerja.

Nah, itulah empat kebiasaan baru yang bisa kamu coba di semester ini. Mulailah di hari pertama dan pertahankan selama satu bulan ke depan, niscaya kamu akan terbiasa melakukannya. Bila di sekolah atau di kampusmu semester baru telah dimulai, cobalah mulai hari ini juga. Better later than never!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*