Hindari Kesalahan Mahasiswa yang Sering Disesali Setelah Lulus Kuliah




Mahasiswa Drop Out
Ilustrasi mahasiswa terancam drop out (Kalderanews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Manusia memang tempatnya salah dan lupa. Termasuk mahasiswa juga. Tidak jarang sebagai mahasiswa kita melakukan kesalahan yang dapat dikatakan fatal, yang kemudian kita sesali setelah masa perkuliahan selesai.

Namun, menyesal di belakang sungguh tidak ada gunanya, bukan. Sebab masa kuliah merupakan masa yang begitu penting bagi kita sebagai bekal menjemput masa depan yang gemilang. Oleh karenanya, memaksimalkan waktu dan potensi yang dimiliki saat kuliah merupakan hal yang penting.

BACA JUGA:

Inilah kesalahan mahasiswa yang kerap terjadi dan disesali setelah lulus. Usahakan untuk dihindari semua ya, Gaes!

Salah jurusan

Kesalahan ini paling banyak terjadi. Penyebabnya antara lain sejak awal tidak memiliki proyeksi apa yang ingin dicapai nanti. Akhirnya memilih jurusan asal-asalan dengan prinsip ‘yang penting kuliah’. Padahal dalam memilih jurusan kita harus memetakan diri seperti apa bakat, minat, dan cita-cita kita. Dari hal ini kita dapat memilih jurusan yang tepat.

Kuliah tidak serius

Kesalahan fatal kedua adalah kuliah malas-malasan. Memang godaan selalu muncul untuk mempengaruhi kita agar bolos kuliah. Kita harus teuh pendirian karena kita tahu apa yang ingin kita capai dengan kuliah. Waktu kuliah tidak lama. Dan waktu yang tersedia ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Salah pergaulan

Salah pergaulan merupakan kesalahan yang akan sangat disesali. Memiliki banyak teman itu baik, tetapi jangan sampai salah memilih lingkungan pertemanan karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap ritme hidupmu saat kuliah. Kita berhak memilih teman yang dapat mendukung kemajuan, memiliki pemikiran dan sikap positif, dan membangun.

Tidak membangun network

Masa kuliah merupakan masa yang baik untuk memperluas koneksi dan pertemanan. Kita bisa mengenal kaka tingkat, adik tingkat, dosen, mahasiswa seangkatan dari lain jurusan, dan lain-lain. Memiliki jejering pertemanan yang luas itu akan sangat bermanfaat ketika kita mencari lowongan pekerjaan.

Jarang ke perpustakaan

Perpustakan merupakan sarana untuk dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Meskipun  banyak hal yang bisa kita akses melalui internet, tetapi belajar melallui buku tetap merupakan salah satu cara belajar terbaik.

Tidak berorganisasi

Masa kuliah juga merupakan masa yang bagus untuk mengasah kemampuan dalam berorganisasi. Di dalam organisasi kita akan belajar untuk mengembangkan diri. Pastikan kamu memilih organisasi yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Dengan demikian organisasi tersebut akan menjadi tempat berlatih yang tepat dan dapat berguna sebagai pendukung kegiatan kuliah.

Tidak membuat target

Bila kamu terlalu santai menjalani kuliah, kamu harus segera waspada. Jangan-jangan kamu tidak mempunyai target yang ingin kamu capai. Target yang jelas akan membantumu untuk meraih cita-cita dengan tepat waktu. Target juga akan membuatmu bersemangat dalam belajar.

Itulah sejumlah kesalahan yang harus kita hindari agar tidak sampai menyesal setelah lulus kuliah. Tetap ikuti beragam tip dan informasi dari www.kalderanews.com agar kamu terhindar dari kesalahan fatal dalam masa kuliah. Tetap semangat, ya!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*