7 Masalah yang Sering Dihadapi Mahasiswa, Ini Alternatif Solusinya




Ilustrasi mahasiswa belajar (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mahasiswa belajar (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Mahasiswa merupakan pelajar tingkat tertinggi. Pelajar SMP dan SMA pasti telah lama mengidam-idamkan menjadi mahasiswa. Namun, setelah menjadi mahasiswa bukan berarti tidak mengalami masalah.

Menjadi mahasiswa tidak selalu mudah. Selalu ada saja tantangan dan masalah yang akan muncul di dunia perkuliahan. Permasalahan ini yang biasanya dapat menghambat masa studi di perguruan tinggi.

BACA JUGA:

Tidak ada masalah yang tak ada jalan keluarnya. Selama kamu masih optimis, solusi dari permasalahanmu pasti selalu ada. Inilah 7 masalah yang sering dihadapi mahasiswa beserta alternatife solusinya. Cekidot, gaes!

Konflik batin dengan dosen

Masalah satu ini banyak dialami oleh mahasiswa. Konflik ini akan meningkat kejadiannya saat telah masuk ke penulisan skripsi. Agar masalah ini tidak runcing, usahakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan dosen dan pastikan kamu dapat menempatkan diri dengan baik saat berkomunikasi dengan para dosen tersebut.

Masalah waktu

Banyaknya kegiatan yang diikuti, tidak jarang perihal mengatur waktu menjadi sebuah masalah tersendiri bagi mahasiswa. Kesulitan yang dihadapi adalah tidak dapat memilih prioritas kegiatan, akibatnya banyak hal yag harus dikorbankan. Agar tidak terjebak pada permasalahan ini, kamu harus benar-benar membuat skala prioritas, ya. Buatlah tingkat urgensi dari pemasalahan ini, agar kamu tidak terjebak dalam kesulitan mengatur waktu.

Masalah keuangan

Masalah keuangan juga kerap melanda mahasiswa. Kehabisan uang saku menjelang akhir bukan menjadi masalah yang umum terjadi. Solusi yang dapat kamu lakukan adalah membuat pos-pos keuangan saat awal bulan atau saat kiriman dari orang tua baru datang. Selain itu, kamu dapat juga mencoba mencari pekerjaan paruh waktu yang dapat kamu kerjakan di sela-sela waktu kuliah.

Nilai turun

Permasalahan ini pasti meresahkan. Nilai yang terus menerus turun pasti akan membuat semangat kendur. Untuk mengatasi hal ini, coba ubah cara belajarmu dan lakukan sengan rutin. Pastikan kamu belajar dengan efektif.

Emosi tak terkendali hingga depresi

Hati-hati dengan masalah satu ini. Karena bila kamu tidak dapat menahan emosi, bisa fatal akibatnya. Banyak hal yang memang memicu emosi, tetapi tidak semua hal harus dilampiaskan melalui emosi. Carilah teman yang dapat kamu ajak berbagi cerita agar emosimu tidak meluap.

Stres pada mahasiswa itu juga wajar. Namun, jangan sampai kewajaran ini dianggap biasa saja dan dibiarkan. Karena akan berkembang menjadi depresi. Depresi yang berkepanjangan tentu akan mengganggu perkuliahan mu. Pastikan setiap stresmu tertangani dengan baik agar tidak menjadi depresi, ya.

Adaptasi lingkungan

Memasuki dunia perguruan tinggi memang berbeda dengan dunia sekolah. Selain adaptasi dengan dengan suasana baru, adaptasi dengan kebiasaan, pola belajar, dosen , teman yang beragam, seorang mahasiswa juga perlu beradaptasi dengan dirinya sendiri mengenai berjal bertanggung jawab atas dirinya sendiri, ramah di pergaulan tetapi tetap menjaga dari arus negatif lingkungan.

Deadline tugas dan kuis dadakan

Dunia perkuliahan merupakan latihan menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Maka setiap tugas dan tantangan dari dosen harus dianggap sebagai proses penempaan diri. Bila terbiasa dengan kebiasaan ini, kamu akan siap menghadapi dunia kerja yang keras.

Dari tujuh masalah yang sering terjadi pada mahasiswa itu, kira-kira mana yang dapat mengancammu kelak bila telah masuk ke dunia perguruan tinggi? Lakukan persiapan dengan baik dan antisipasi dengan cermat ya. Good luck!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*