5 Tips Atur Keuangan Jitu untuk Mahasiswa Boros

(Ilustrasi Membuat Perencanaan Keuangan) KalderaNews.com/Ost)
(Ilustrasi Membuat Perencanaan Keuangan) KalderaNews.com/Ost)

JAKARTA, KalderaNews.com – Banyak mahasiswa mengaku kesulitan mengatur keuangan. Berbagai keinginan dan tuntutan gaya hidup sering dijadikan alasan mahasiswa sulit menabung.

Terlebih bagi mereka yang tinggal di perantauan. Kondisi jauh dari orang tua dan minim kontrol membuat sifat boros lama-lama semakin melekat.

Padahal jika tidak dibiasakan membuat financial planning sejak dini, kamu bisa terjebak dalam masalah keuangan di kemudian hari.

Tenang, belum terlambat untuk mengubah kebiasaan boros itu kok. Yuk simak tips atur keuangan untuk mahasiswa boros berikut ini:

1. Pahami Sumber Pemasukan

Langkah pertama adalah pahami sumber uang yang kamu miliki selama sebulan. Jika belum bekerja, uang saku 100% tentu berasal dari orang tua. Namun ada juga mahasiswa yang memiliki penghasilan sampingan lain seperti bisnis dan freelance.

Setelah mengetahui sumber pemasukan, buatlah catatan kemana saja uang itu akan dialokasikan. Dari catatan tersebut kamu akan lebih mudah melihat kebutuhan prioritas dan mana pengeluaran yang bisa diminimalisir.

Kamu dapat menuliskan secara manual di buku, menggunakan google sheet, atau aplikasi pencatat keuangan.

BACA JUGA:

2. Menabung Sebelum Belanja

Sering merasa uang tiba-tiba ludes tak bersisa di awal bulan? Agar tak terjadi lagi, sebaiknya sisihkan uang untuk ditabung atau sebagai dana darurat sebelum dibelanjakan.

Dengan cara ini, kamu akan terbiasa mengelola uang yang tersisa dengan lebih bijak. Keuntungan lainnya, kamu pasti memiliki tabungan setiap bulan karena telah menyisihkannya lebih dulu.

3. Berpikir Seribu Kali Sebelum Mengeluarkan Uang

Mudahnya membeli barang melalui e-commerce membuat sifat konsumtif semakin meningkat. Agar tidak boros, sebelum membeli sesuatu pikirkan kembali apakah kamu memang membutuhkannya atau keinginan sesaat saja?

Berhentilah membeli sesuatu hanya karena barang itu terlihat lucu atau terpengaruh oleh influencer di media sosialmu. Jangan pula tergoda menggunakan fitur pay later yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi.

Jika tanpa membeli barang itu hidupmu baik-baik saja, maka besar kemungkinan kamu tidak membutuhkannya. Selain melatih diri agar lebih bijak dalam mengeluarkan uang, kamu juga berpartisipasi dalam mengurangi sampah

4. Tentukan Tujuan

Untuk seseorang yang sudah terlanjur boros, belajar menabung tentu akan menjadi siksaan tersendiri. Agar lebih semangat, buatlah tujuan jangka pendek atau jangka panjang dari menabung.

Misalnya kamu ingin membeli laptop. Setelah itu cari tahu berapa dana yang diperlukan serta target waktu mencapainya agar kamu dapat menentukan besaran uang yang harus disisihkan setiap bulannya.

5. Belajar Investasi

Meskipun masih muda tidak ada salahnya untuk mulai belajar investasi. Selain menabung ada banyak cara yang dapat dicoba untuk menggandakan uangmu seperti deposito dan reksandana.

Jika ingin mencoba investasi dengan risiko minim, kamu dapat memulainya dengan membuka tabungan deposito.

Itu tadi 5 tips mengatur keuangan yang dapat dicoba untuk menghilangkan sifat boros. Meskipun akan terasa sulit di awal, tetap semangat dan lakukan dengan komitmen yang tinggi ya. Selamat mencoba!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*