Penerima KIP Kuliah Merdeka Terbanyak 2021 (94 Persen) Adalah Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta




Penyerahan KIP Kuliah Merdeka di Auditorium Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor pada Jumat, 10 Desember 2021.
Penyerahan KIP Kuliah Merdeka di Auditorium Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor pada Jumat, 10 Desember 2021 (KalderaNews/Kemendikbudristek)

BOGOR, KalderaNews.com – Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti melaporkan bahwa penerima KIP Kuliah Merdeka tahun 2021 paling banyak berasal dari perguruan tinggi swasta yakni sebesar 2.013 PTS (94%).

Sementara itu dari perguruan tinggi negeri (PTN) sebanyak 122 PTN (6%). Adapun jumlah mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka pada PTS sebesar 103.730 (52%) dan PTN terdapat 96.270 mahasiswa (48%) .

“Sebanyak 23 persen penerima KIP berkuliah pada program studi akreditasi A,” tutur Sesjen Suharti di acara Penyerahan KIP Kuliah Merdeka di Auditorium Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor pada Jumat, 10 Desember 2021.

BACA JUGA:

Diketahui, Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) di tahun 2021 menjadi kebijakan yang diangkat dalam Merdeka Belajar Episode Kesembilan.

Dalam kebijakan KIP Kuliah ini calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetap dapat mendaftar dan menikmati layanan pendidikan di perguruan tinggi.

Jika dinyatakan lulus sebagai penerima KIP Kuliah, mereka akan digratiskan dari biaya kuliah, bahkan akan mendapatkan biaya hidup juga sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur.

KIP Kuliah memiliki misi untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan tinggi.

KIP Kuliah Merdeka meningkatkan peran perguruan tinggi dalam memberi kesempatan seluas-luasnya kepada calon mahasiswa kurang mampu untuk masuk ke prodi unggulan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*