Kuliah Salah Jurusan? Ini 6 Hal yang Harus Kamu Lakukan




Ilustrasi: Pilih Jurusan Kuliah

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah salah jurusan merupakan hal yang tidak asing di dunia perkuliahan. Hampir di setiap jurusan pada tiap angkatan terdapat mahasiswa yang merasa kuliah salah jurusan.

Banyak alasan di balik kuliah salah jurusan yang terjadi pada beberapa mahasiswa. Sayangnya, kuliah salah jurusan ini tidak akan terasa saat kita kuliah di semester satu, melainkan akan terasa saat telah menjalani perkuliahan sekitar satu semester atau bahkan satu tahun.

BACA JUGA:

Penyebab kuliah salah jurusan atara lain jurusan paksaan dari orang tua, ikut-ikutan teman, ingin masuk jurusan berakreditasi unggul atau A, ingin masuk jurusan dengan cara tidak ribet meskipun tidak cocok dengan minat, hanya ingin masuk perguruan tinggi ternama tidak peduli apa jurusannya, belum memilik minat, dan lain-lain.

Bila kuliah salah jurusan ini terjadi padamu, lakukan trik berikut untuk mengatasi rasa menyesal dan bersalah tanpa harus meninggalkan jurusan yang kamu pilih saat ini.

Kembangkan hobi

Apa pun hobimu, kembangkan hobi itu hingga menjadi skill dan bila mungkin hingga menghasilkan uang. Skill  sangatlah penting di dunia kerja dan pasti dapat menjadi ciri khasmu. Misalnya kamu gemar membuat kerajian tangan, kamu bisa menjual kerajinan tanga tersebut dan menghasilkan uang.

Bergabung organisasi mahasiswa

Organisasi mahasiswa merupakan sarana bagi kita untuk mengembangkan diri, mencari pengalaman, melatih kepemimpinan, dan memperlebar relasi. Organisasi mahasiswa dapat dikatakan sebagai penyelamat bagi mahasiswa yang kuliah salah jurusan. Kebanyakan mahaiswa yang salah jurusan ini justru aktif di organisasi karena di sinilah mereka bisa me-refresh pikiran dan batin dari hal-hal yang tidak disukai di bangku kuliah.

Ikuti acara dan kompetisi

Acara-acara seperti seminar, pelatihan, kompetisi, dan sejenisnya dapat membuatmu bersemangat untuk menjalani kehidupan sebagai mahasiswa yang kuliah salah jurusan. Selain itu, hal tersebut dapat menambah jaringan pertemanan yang pasti akan sangat berguna di kemudian hari.

Mencari pekerjaan sampingan

Agar kamu tidak terus menerus merasa penat dengan materi perkuliahan yang ada di kampus, kamu dapat juga mencari pekerjaan sampingan. Banyak perkerjaan sampingan yang dapat dilakukan secara daring dan dari rumah. Selain menambah pengalaman, hal ini tentu dapat memberimu penghasilan tambahan.

Berbisnis kecil-kecilan

Meskipun salah jurusan, kamu pasti tetap mempunyai waktu luang di sela-sela jadwal kuliah. Hal ini dapat kamu isi dengan berjualan barang atau jasa secara online maupun offline. Banyak pilihan menjadi reseller atau dropshipper barang yang tidak membutuhkan modal yang banyak bahkan tidak memakai modal dan tidak harus stok barang.

Selesaikan hingga tamat

Seperti pepatah, ‘waktu adalah uang’, maka jangan sia-sikan waktumu. Meskipun kuliah salah jurusan, ambillah hikmah dan pelajaran yang ada. Kadang kamu bahkan bisa menemukan hal menarik di jurusan yang salah pilih ini. Lanjutkan kuliah hingga wisuda. Kelak kamu pasti akan merasa bangga dengan pencapaianmu ini.

Kuliah salah jurusan bukan akhir dari segalanya. Bukan pula penjara yang akan mengurungmu sepanjang hidup. Kamu masih tetap bisa melakukan banyak hal positif dan berada di lingkungan yang positif selama masa perkuliahan. Dengan cara ini, kuliah selama empat tahun tidak akan terasa lama. Semangat, ya!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*