WINNER 2021 Diharapkan Hasilkan Dampak dan Tindak Lanjut yang Lebih Konkret dan Nyata

Konferensi pers Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) bertajuk “Innovation for Sustainable Development Goals: Education and Research Collaboration Towards the Future” di Erasmus Huis Jakarta pada Selasa, 26 Oktober 2021
Konferensi pers Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) bertajuk “Innovation for Sustainable Development Goals: Education and Research Collaboration Towards the Future” di Erasmus Huis Jakarta pada Selasa, 26 Oktober 2021 (KalderaNews/Fajar H)

JAKARTA, KalderaNews.com – Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) dengan tema “Innovation for Sustainable Development Goals: Education and Research Collaboration Towards the Future” resmi dibuka secara Hybrid dari Erasmus Huis Jakarta pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Kerajaan Belanda, Ingrid Katharina van Engelshoven membuka WINNER 2021 dengan menekankan pentingnya kolaborasi yang komprehensif antara Indonesia dan Belanda

Nadiem Makarim mengingatkan pentingnya pembangunan yang berkelanjutan. Karena itu, ia mengaku sudah mencanangkan kolaborasi antara pendidikan dengan pemangku kepentingan melalui beberapa program untuk meningkatkan lingkungan belajar yang kondusif.

BACA JUGA:

Melengkapi pernyataan Nadiem, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Kerajaan Belanda Ingrid van Engelshoven menambahkan bahwa satu-satunya cara untuk menghadapi masalah pembangunan berkelanjutan adalah dengan bergandengan tangan secara bersama-sama.

“Kita membutuhkan kerjasama internasional dan solusi bersama dan saya percaya ilmu pengetahuan dan sistem pendidikan kita memainkan peran penting dalam hal ini. Itu sebabnya saya sangat bangga melihat hal ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko mendorong para peneliti Indonesia untuk segera mulai meningkatkan kerjasama penelitian dan inovasi.

Ia lantas berharap WINNER 2021 memberikan dampak dan tindak lanjut yang lebih konkret dan nyata. “Dalam hal kolaborasi penelitian kita dapat menggunakan WINNER sebagai platform untuk membangun inisiatif baru, kolaborasi antara ilmuwan di antara ilmuwan dari kedua negara,” tandasnya.

Diketahui, WINNER adalah acara rutin tahunan, dimana para peneliti, pemerhati pendidikan, pembuat kebijakan, pebisnis, LSM, dan pemangku kepentingan dari Indonesia dan Belanda diundang untuk mempresentasikan hasil penelitian, mendiskusikan bagaimana memperkuat kolaborasi dalam penelitian dan pendidikan, mengidentifikasi prioritas bersama, berbagi praktik terbaik dan menjalin koneksi baru.

WINNER 2021 hadir atas inisiasi kolaboratif antara Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Jakarta, Nuffic Neso, Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI), Badan Penelitian dan Inovasi Nasional (BRIN), Royal Netherlands Academy of Arts and Sciences (KNAW) dan Dutch Research Council (NWO).

Seperti pada WINNER 2020 lalu, pada WINNER tahun ini juga disemarakkan dengan seminar, talkshow, workshop dan networking yang ratusan narasumber yang terdiri atas menteri, profesor, dosen dan peneliti profesional dari dalam dan luar negeri.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Kerajaan Belanda, Ingrid Katharina van Engelshoven dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko di Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) 2021 dengan tema “Innovation for Sustainable Development Goals: Education and Research Collaboration Towards the Future” pada Selasa, 26 Oktober 2021
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Kerajaan Belanda, Ingrid Katharina van Engelshoven dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko di Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) 2021 dengan tema “Innovation for Sustainable Development Goals: Education and Research Collaboration Towards the Future” pada Selasa, 26 Oktober 2021 (KalderaNews/Fajar H)

WINNER Hari Pertama hari ini diisi dengan keynote session dari para peneliti muda dilanjutkan dengan sesi “How to Innovate Research Collaboration to reach the SDGs’“yang dimoderasi oleh BRIN.

WINNER Hari Kedua akan ada 6 sesi secara paralel yang diisi para peneliti Belanda dan Indonesia dengan topik yang terkait dengan dinamika perkotaan-pedesaan, inovasi sistem pangan, manajemen air dan energi, kesehatan masyarakat, pengetahuan dalam praktik dan peluang untuk berkolaborasi dengan BRIN.

WINNER Hari Ketiga diisi 3 sesi utama secara paralel tentang Internasionalisasi Pendidikan, Covid-19 dan Kesehatan Masyarakat, dan Peran Agama dalam Mengatasi Tantangan Air dan Iklim.

Sesi akhir akan diisi presentasi dari Cynthia Boll yang dilanjutkan dengan diskusi tentang perubahan iklim dan adaptasi iklim dalam perspektif kesehatan dengan mengundang Menteri Kesehatan Indonesia dan Belanda dan WINNER 2021 akan ditutup oleh Dubes RI untuk Belanda dan Dubes Belanda untuk Indonesia. Keseluruhan program WINNER 2021 bisa dilihat di sini.

Keseluruhan rangkaian seminar, talkshow, workshop dan networking di WINNER 2021 terbuka untuk umum dan gratis dengan mengunjungi laman resmi Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) 2021 untuk berjejaring dan menimba ilmu baru untuk masa depan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*