9 Hal Penting Persiapan Untuk Mendaftar Kuliah S-2




Ilustrasi mendapatkan balasan profesor untuk pendampingan kuliah S2 ata S3 (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mendapatkan balasan profesor untuk pendampingan kuliah S2 ata S3 (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Jenjang karier dan pekerjaan tertentu, dewasa ini, menuntut pelamarnya memiliki kualifikasi yang lebih tinggi mendadari sekadar S-1. Namun, mendaftar ke jenjang S-2 tidak semudah itu. Apalagi bila tidak ada persiapan yang detail.

Berbeda dengan mendaftar kuliah D-3 atau S-1, mendaftar S-2 memiliki syarat yang agak ribet. Oleh karena itu, persiapan mengenai syarat-syarat harus dilakukan dengan baik. Inilah sembilan hal penting yang harus dipersiapkan untuk mendaftar S-2.

BACA JUGA:

Kampus tujuan harus sudah jelas

Persiapan penting pertama adalah menentukan dulu kampus tujuan. Beda kampus biasanya akan beda syarat pendaftarannya. Maka dari itu, yakinkan dan cari informasi sebanyak-banyaknya tentang kampus tujuan sedini mungkin.

Jurusan tujuan sudah pasti

Jika kamu sudah menentukan kampus mana yang akan kamu tuju untuk melanjutkan kuliah S-2, persiapan selanjutnya pastikan juga jurusan yang kamu ambil. Masing-masing jurusan biasanya memiliki syarat yang berbesa meskipun satu kampus. Jadi pastikan dulu jurusan tujuanmu dan cari informasi mengenai jurusan yang kamu selengkap mungkin.

Bagaimana dengan biaya

Ini syarat penting yang sangat diperlukan untuk lanjut S-2. Persiapkan biaya dengan baik agar tidak sampai berhenti di tengah jalan. Cari tahu kebutuhan biaya untuk jurusanmu. Setiap jurusan akan berbeda biaya kuliahnya. Bila kamu mendapat beasiswa penuh, variabel ini dapat kamu abaikan. Kamu tinggal memikirkan biaya untuk operasional kuliahnya saja.

Persiapkan rencana penelitian

Kuliah S-2 cukup berbesa dengan kuliah jenjang S-1. Kamu dituntut untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas baik. Maka dari itu persiapkan lebih awal rencana penelitianmu. Ini akan menentukan masa studimu kelak. Makin cepat selesai tesis maka makin cepat lulus. Kuliah S-2 tidak akan lama jadi kamu sudah harus punya rencana penelitian.

Persiapkan TOEFL

Bisa Bahasa Inggris di perkuliahan S-2 ini penting, banyak jurnal internasional yang akan dibaca. Walaupun Google transale bisa membantu, tetapi kamu juga harus paham mengenai bahasa Inggris. Selain itu, syarat untuk S-2 mewajibkan mahasiswanya untuk memiliki skor TOEFL minimal setara 450 bahakan ada yang 500.

Khusus di UGM, TOEFL di sana bernama AcEPT. Untuk bisa masuk sebagai mahasiswa kita harus mendapatkan nilai AcEPT 209 atau jika dikonversi setara dengan 450.

Skor TOEFL ini menjadi syarat di awal saat pendaftaran. Walaupun ada beberapa kampus  membolehkan belum lulus minimal skol TOEFL, tetapi saat lulus mau tidak mau dan suka tidak suka syarat yudisium adalah skor TOEFL wajib di atas 450.

Persiapkan belajar TPA

Beberapa kampus ada yang mensyaratkan ada yang langsung tes di tempat saat daftar. Nah, materi ujian ini harus kamu siapkan dengan baik sebelum mendaftar.

Persiapkan dosen yang pemberi rekomendasi

Syarat lain untuk mengambil kuliah S-2 adalah mempunyai rekomendasi dari dosen saat S-1 minimal 2 orang biasanya. Meskipun ada juga yang minta hanya satu orang.

Persiapkan belajar materi bidang yang dipilih

Biasanya akan ada tes masuk sesuai bidang. Maka belajarlah dengan baik sesuai bidangmu. Jangan sampai nggak lulus gara-gara nilai tes kamu kurang dari standar yang ditetapkan.

Persiapkan dokumen pendukung (ijasah dan transkrip)

Foto kopi ijazah dan foto kopi transkrip nilai di S-1 harus sudah kamu legalisir. Ini sudah pasti dibutuhkan pada saat mendaftar S-2. Persiapkan jauh-jauh hari juga, ya. Oh iya, scan juga ijazah dan transkip nilaimu. Biasanya pendaftaran ada yang melalui sistem online.

Dokumen yang tidak kalah penting adalah dokumen kesehatan. Yakni surat keterangan sehat dari dokter biasanya dibutuhkan. Kam juga perlu memikirkan di mana akan membuat atau melakukan cek kesehatan. Lebih baik kamu melakukan tes di rumah sakit pemerintah dan sebisa mungkin mencari dokter yang sudah PNS atau sudah punya NIP.

Sembilan hal penting tersebut harus kamu persiapkan sejak sekarang bila kamu akan mendaftar untuk melanjutkan kuliah S-2 tahun depan. Good luck!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*