Cara Jitu Menghilangkan Rasa Takut Pada Dosen

Ilustrasi: Mahasiswa baru. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa baru. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Rasa takut merupakan rasa yang sangat wajar muncul pada setiap manusia. Termasuk mahasiswa yang takut pada dosen. Beragam alasan yang dapat menyebabkan mahasiswa takut kepada dosen.

Padahal, dosen bukanlah sosok yang menakutkan seperti yang dibayangkan mahasiswa. Hanya karena dosen  memiliki sifatnya masing-masing, bukan berarti sebagai mahasiswa kita harus takut pada mereka tanpa alasan yang jelas.

BACA JUGA:

Meskipun tidak mudah menghilangkan rasa takut yang melanda itu, kamu bisa menggunakan beberapa cara ini untuk menghilangan rasa takut. Inilah beberapa caranya. Yuk, simak!

Pahami apa yang membuat rasa takut itu muncul.

Rasa takut pasti ada penyebabnya. Untuk mengalahkan rasa takut itu, langkah pertama adalah memahami dulu apa penyebab rasa takut yang muncul tersebut. Bisa jadi penyebabnya adalah rasa percaya diri yang rendah.

Selain rasa percaya diri yang rendah, rasa bersalah dapat juga menyebabkan rasa ketakutan muncul pada diri kita.

Positive thinking

Terlalu memikirkan hal negatif dapat juga membuat rasa takut muncul dan mengganggu. Padahal sesuatu negatif yang kamu pikirkan itu belum tentu terjadi. Oleh karenanya, hilangkan pikiran negatif dan mulailah berpikir positif.

Tetap tenang

Untuk menghilangkan rasa takut kepada dosen, cobalah untuk tetap tenang. Karena jiwa yang tenag atau rileks akan sangat membantu menghilangkan rasa takut tersebut. Pastikan kamu tenang dulu sebelum berkomunikasi dengan dosen.

Jangan lupakan doa

Jangan lupa, doa merupakan hal terpenting yang harus kita lakukan. Berdoa akan membuat kita makin yakin dan rasa percaya diri akan meningkat. Berdoa akan membuat pikiran menjadi tenang. Ketenangan sangat diperlukan untuk membuat rasa takut pada dosen menjadi hilang.

Tampil maksimal

Memperbaiki penampilan dapat membuat rasa percaya diri meningkat. Berpenampilan secara maksimal dapat menghalau rasa takut. Usahaan tampil maksimal dengan mandi, memakai wangi-wangian, skincare terbaik untuk mendongrak rasa pecaya dirimu.

Tatap mata

Jika merasa takut saat berkomunikasi, cobalah untuk menatap mata lawan bicara. Dengan menatap lawan bicara, akan membuatmu lebih paham, tentunya agar komunikasi yang dijalin juga menjadi lebih baik. Cara ini terbukti akan membuatmu lebih percaya diri dan berani.

Jangan terpengaruh teman

Dalam berinteraksi dengan orang lain bisa jadi kita aan terpengaruh opini orang lain. Padahal opini itu bisa saja bersifat subjektif. Bisa jadi teman kita mempunyai opini yang kurang baik tentang seorang dosen dan hal tersebut dapat mempengaruhi cara pandang kita.

Cukup tidur

Kurang tidur dapat membuat kita kurang fokus, sehingga membuat kita berpikiran yang tidak baik dan bisa jadi muncul rasa takut. Untuk itu, pastikan kamu beristirahat dengan cukup.

Aromaterapi

Rasa takut yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi urang rileks. Keringat yang berlebih, tekanan tinggi dan lain-lain. Untuk mengatasa hal tersebut dapat juga menggunakan aromaterapi. Aromaterapi dapat membuat tubuh lebih rileks, terutama pada bagian tubuh yang tegang akan menjadi lebih santai. Perasaan ini akan membuatmu mampu berpikir lebih jernih dan dapat menghalau rasa takut.

Beragam cara tersebut di atas dapat dicoba untuk membuatmu tidak merasa takut pada dosen. Satu hal yang harus kamu ingat saat rasa takut menyerang adalah bahwa dosen itu merupakan orang yang memberi kita ilmu pengetahuan yang sangat berguna buat kita.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*