Tip Menghadapi Dosen Killer, Mahasiswa Harus Tahu

Tunjukkan sikap antusias saat dosen mengajar (Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Dosen Killer adalah sebutan dari mahasiswa segala jurusan untuk sosok dosen yang dianggap galak, atau pelit nilai dan kaku. Biasanya para mahasiswa akan menjauh atau menghindari ‘berurusan’ dengan dosen killer.

Dosen juga manusia, sehingga tidak semua karakter dosen menyenangkan bagi semua mahasiswa. Salah satu karakter yang tidak disukai mahasiswa adalah dosen yang gemar memarahi mahasiswa. Tidak hanya itu, metode pembelajaran yang diajarkan juga terlalu kaku dan sifatnya dapat menjadi subjektif. Dosen ini juga suka membeda-bedakan antar mahasiswa.

BACA JUGA:

Dosen killer tidak harus dimusuhi, tetapi sebagai mahasiswa kita harus paham cara menghadapi pengajar yang bikin mood drop ini. Inilah tip menghadapi dosen killer di kampus:

Rajin kuliah

Dosen killer memang membuat kita malas kuliah. Namun, hal ini dapat merugikan kamu sendiri. Biasanya dosen killer juga hafal dengan dengan mahasiswa yang jarang masuk ke kelas. Jadi cara terbaik yang harus dilakuan adalah dengan cara rajin masuk ke kelas mata kuliah dosen killer tersebut.

Datang tepat waktu

Rata-rata salah satu karakter dosen killer adalah memiliki sikap disiplin. Jika kontra perkuliahan telah disepakati dengan jadwal yang ada, maka kamu wajib datang tepat waktu untuk masuk ke kelas dosen killer baik dalam perkuliahan daring dan luring.

Bila kamu datang tidak tepat waktu, itu akan membuat dosen tersebut makin memberimu cap  mahasiswa yang malas.

Bersikap ramah dan sopan

Sikap ramah dan sopan menjadi cara menghadapi dosen tegas untuk mencairkan suasa yang terlihat kaku. Bersikaplah ramah dan sopan terhadap mereka baik dosen yang dianggap iller maupun bukan. Bersikap ramah tidak pernah ada salahnya.

Aktif di kelas

Cara menghadapi dosen killer selanjutnya adalah menjadi mahasiswa yang aktif di kelas. Hal ini dapat membuat dosen killer merasa terkesan. Bila dosen tersebut memberikan pertanyaan, usahakan kamu aktif menjawab.

Kerjakan tugas

Selain datang  tepat waktu di kelas dan aktif dalam perkuliahan di kelas. Kamu juga harus mengerjakan  seluruh tugs. Pastikan juga bahwa tugasmu bukan hasil copy paste melainkan usaha keras dalam mengerjakan tugas.

Bersabar dan tahan emosi

Bila dosen killer ini sedang menegur atau memarahimu, maka tindakan yang harus dilakuan adalah hanya bersabar dan  tahan emosi. Jika kamu terpancing emosi karena hal tersebut, hal itu justri akan memperburuk situasi.

Cuek dan santai

Tidak perlu terpengaruh oleh omongan orang yang memberikan penilaian terhadap seorang dosen. Jika kamu sudah terpengaruh oleh omongan orang, bisa jadi kamu jadi gugup dan tidak santai saat berada di kelasnya. Hal ini akan merugikan dirimu sendiri.

Tawarkan bantuan

Hadapilah dengan berani dosen killer tersebut dengan cara menawarkan bantuan pada beliau. Tindakan ini akan membuat dosen tersebut mengingatmu sebagai mahasiswa yang sopan dan gemar membantu.

Delapan tip menghadapi dosen killer di atas harus diketahui dan dicoba oleh setiap mahasiswa. Meskipun seorang dosen mendapat gelar dosen killer, kita harus selalu ingat bahwa seluruh dosen dan pengajar merupakan orang yang berjasa memberi kita banyak ilmu pengetahuan dan keterampilan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*