5 Cara Jitu Cepat Dapat ACC dari Dosen Pembimbing Biar Segera Lulus dan Wisuda




JAKARTA, KalderaNews.com – Skripsi, tesis, disertasi atau tugas akhir lainnya kerap dianggap momok yang menghambat mahasiswa untuk cepat lulus. Belum lagi bila dosen pembimbingnya tergolong ‘sulit’ untuk ditemui.

Agar skripsi cepat selesai dan dapat segera wisuda, kita harus mendapat ACC dari dosen pembimbing. Sayangnya, proses ini tidak begitu mudah untuk dilalui oleh banyak mahasiswa dari berbagai jurusan atau program studi.

BACA JUGA:

Persetujuan dari dosen atau ACC diberikan secara bertahap sesuai dengan kemampuan setiap mahasiswa dalam menyelesaikan bagian tugas akhir secara rutin dan lengkap. Namun, meskipun telah menyelesaikannya secara keseluruhan, terkadang ada saja kendala yang dihadapi mahasiswa hingga belum mendapatkan ACC dari dosen pembimbing.

Kendala yang biasa terjadi adalah dosen memiliki jadwal mengajar yang padat, dosen sibuk menghadiri rapat, dan alasan lain. Untuk itu, inilah lima cara jitu yang dapat diikuti untuk cepat mendapat ACC dari dosen pembimbing:

Tiap kali bimbingan, tunjukkan progres

Dosen pembimbng akan sangat bangga melihat hasil karya mahasiswa yang mengagumkan atau semangat serta usaha kerasnya. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa kamu perlu menunjukkan capaian target penyelesaian tugas akhir secara rutin.

Tunjukkan progresmu tersebut di setiap waktu bimbingan berlangsung agar dosenmu dapat mengetahui usahamu dan hasil kerja kerasmu dalam menyelesaikan target. Dosen yang mengetahui bahwa mahasiswa bimbingannya semangat pasti juga akan bersemangat serta memberikan bimbingan terbaik untukmu.

Jalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing

Sebagian besar mahasiswa yang kurang mengenal karakter dosen pembimbing dengan baik akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas skripsi. Hal tersebut tentu disebabkan karena setiap dosen memiliki kriteria mengajar yang berbeda-beda.

Jika hasil skripsimu tidak sesuai dengans aran atau masukan yang diberikan oleh dosen pembimbing tersebut, maka kamu akan mengulang tugas secara terus menerus. Dan kelulusanmu pada akhirnya akan terhambat karena mengerjakan rsevisi yang tidak kunjung selesai.

Kenali dosen pembimbingmu sejak pertama kali mendapatkan plotting, kemudia jalin komunikasi secara rutin agar kamu bisa memahami arahan dosen dan menyelesaikan target sesuai tujuan. Dengan demikian, kamu bisa melakukan konsultasi skripsi lebih mudah, serta mengetahui tip atau cara khusus yang perlu kamu kerjakan dari dosen pembimbingmu.

Yuk selalu semangat dan kerja keras

Dosen pembimbing sangat menyukai dan memberikan nilai bagus kepada para mahasiswanya yang aktif dan tekun saat menyelesaikan skripsi. Karena hal tersebut akan memberikan nilai plus bagi para dosen serta jurusan dari bidang yang dipilih oleh mahasiswa. Maka dari itu, kamu harus menunjukkan semangat sekaligus usaha keras untuk menyelesaikan skripsimu.

Cara yang dapat dilakukan adalah kamu bisa menunjukkan dengan menyelesaikan tugas secara rutin dan teratur sesuai dengan target yang dibeirkan dosen, serta selalu hadir selama ada jadwal bimbingan skripsi.

Kejar!

Maslaah utama yang sering dihadapi oleh mahasiswa adalah mendapatkan plotting dosen pembimbing yang memiliki kesibukan sangat padat sehingga tidak ada waktu untuk dapat memberikan bimbingan kepada mahasiswanya.

Jika kamu ingin menyelesaikan skripsi dengan segera maka kerjalah dosen secara terus menerus meskipun mereka beralasan sibuk. Berikan juga alasan yang membuat dosenmu bisa meluangkan sedikti waktunya untuk membimbingmu.

Selalu ikuti saran dosen pembimbing

Beberapa mahasiswa yang mengalami kendala selama pengerjaan skripsi karena tidak memahami maksud dari saran pengerjaan skripsi yang diberikan oleh dosen, bahkan hal itu membuatmu mendapatkan banyak revisi. Oleh karena itu, sebaiknya ikuti dan pahami dengan baik semua saran revisi tugas skripsi agar segera tuntas dan mendapatkan persetujuan atau ACC dari dosen pembimbing.

Lima cara mudah di atas tersebut dapat dengan mudah diikuti agar kamu segera mendapatkan ACC dari dosen pembimbing. Yuk, makin semangat mengerjakan skripsi yuk!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*