Tip Mudah Mengajari Anak Menghafal Huruf dan Angka




Ilustrasi anak dan orang tua baca buku bersama (kalderaNews/Ist)
Ilustrasi anak dan orang tua baca buku bersama (kalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tidak ada patokan pasti pada usia berapa anak balita harus dikenalkan dengan huruf. Bila dirasa anak sudah siap belajar, orang tua dapat mulai mengenalkannya pada usia 15 bulan.

Mengajari anak menghafal huruf dan angka pasti membutuhkan kesabaran. Apalagi bila si anak balita masih berada di fase toddler. Diperlukan teknik khusus yang menyenangkan bagi orang tua dan anak untuk dapat menikmati proses belajar ini.

BACA JUGA:

Lima tip ini dapat diterapkan untuk mengajari anak menghafal dengan menyenangkan

Dengan Lagu dan Bernyanyi

Dalam bernyanyi dapat digunakan untuk menghafal. Orang tua dapat mengajari anak untuk menghafal huruf dan angka. Sebagai awalan dapat dilakukan melafalkan huruf secara berurutan lewat lagu ABCD. Cara ini akan membuat anak-anak lebih mudah memahami konsep huruf serta bagaimana bunyinya.

Bermain Sambil Berhitung

Usia yang masih dini merupakan usia yang tepat untuk mengajaknya menghafal huruf dan angka. Cara yang menyenangkan untuk belajar berhitung adalah sambil melakukan aktifitas seperti memasukkan bola ke dalam keranjang, mengeluarkan koleksi mainannya.

Minta anak untuk menghitung mainan-mainan tersebut. Hal sederhana seperti bermain sambil berhitung dapat dilakukan setiap hari. Cara ini dapat membuat anak secara perlahan mengenal angka dan huruf.

Kenalkan Lewat Buku

Belajar bagi anak adalah melalui visual. Oleh karena itu, dengan melihat gambar anak dapat dengan mudah menghafal. Buku dapat dikenalkan melalui buku cerita bergambar dan membacakannya dengan suara dan intonasi yang berbeda-beda. Cara ini efektif untuk membantu anak mengingat nama-nama tokoh, jalan cerita, dan lain sebagainya untuk memulai menghafal huruf maupun memperjelas kosakatanya.


Menggambar dan Menempelnya

Dengan menggambar dan menempel, anak mencapatkan pengalaman baru belajar berhitung dengan metode lain yang tidak hanya melalui pengenalan visual melainkan juga kinetik atau gerak. Memberi warna dan menempel karya mereka dapat membuatnya mengingat dengan mudah.

Merangkai Nama

Cara menagajari anak menghafal berikutnya adalah dengan merangkai nama hingga terbaca jelas. Misalnya merangkai nama anak itu sendiri dengan mainan huruf alphabet atau balok alphabet. Dengan cara ini anak juga akan mengingat bentuk huruf dan angka.

Lima panduan ini dapat dilakukan secara rutin di rumah sambil bermain yang menyenangkan. Cara ini tidak akan membuat anak bosan belajar, sebaliknya mereka tidak tahu kalau sedang belajar bersama orang tuanya.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*