Indonesia-Jerman Inisiasi Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga




Pelajaran olahraga di SD Bruder Singkawang, Kalimantan Barat
Pelajaran olahraga di SD Bruder Singkawang, Kalimantan Barat (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Indonesia bekerjasama dengan Jerman melalui GIZ memperkenalkan modul pembelajaran elektronik dan pelatihan daring “Mempromosikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Olahraga”.

Rangkaian tiga webinar yang diadakan antara Oktober hingga November 2021 ini diikuti oleh guru-guru dari berbagai penjuru Indonesia, seperti dari Aceh, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jawa, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

Diketahui, Profil Pelajar Pancasila merupakan prakarsa pendidikan nasional untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang ideal berdasarkan enam karakter positif.

BACA JUGA:

Modul dan pelatihan yang terdiri dari 8-sesi ini berisi materi pendidikan olahraga yang terintegrasi dengan konten penguatan karakter untuk membantu para guru dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan hidup siswa sesuai nilai-nilai Pancasila.

Para narasumber yang terlibat Dr.Sri Winarni, M.Pd (Akademisi dari Universitas Negeri Yogyakarta), Muchamad Arif Al-Ardha M.Ed, Ph.D (c) (Akademisi dari Universitas Negeri Surabaya) dan Renata M. Putri MA (Konsultan S4D), Dr. Olifia Rombot M.Pd (Akademisi dari Fakultas Pendidikan Sekolah Dasar Binus University).

Ada pula Kori Rahadian, S.Pd dari Direktorat Sekolah Dasar, Ali Zaenal S.Pd (Guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SDN Inpres 2 Rata, NTT) dan Winda Prasepty M.Pd (Guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang, Jawa Tengah), Odo Hadinata, M.Pd (perwakilan dari Direktorat Sekolah Dasar) dan Renata M. Putri MA (Konsultan S4D, penulis modul).

Selanjutnya ada Ariaty Dano, M.Pd dari Direktorat Sekolah Dasar, Muchamad Arif Al-Ardha M.Ed, Ph.D (c), (Akademisi dari Universitas Negeri Surabaya, penulis modul), Muhamad Arif Hadiwinata, M.Sc (konsultan S4D), dan Ali Zaenal, S.Pd, (Guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SDN Inpres 2 Rata-NTT).

Mengapresiasi kerja sama dengan GIZ, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd, Direktur Direktorat Sekolah Dasar berulang kali menyoroti pentingnya mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi masa depan melalui pendidikan karakter.

Ia juga menggarisbawahi peran olahraga sebagai salah satu alat untuk membangun karakter siswa berdasarkan Profil Pelajar Pancasila.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*