Natal 2021: Rawat Persaudaraan dan Peduli kepada Orang Miskin




Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo
Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo (KalderaNews/Repro TVRI/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) yang juga Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo mengatakan, pesan Natal tahun ini mengajak umat Kristiani bersyukur atas persaudaraan yang terjalin di tengah-tengah masyarakat. Hal ini, katanya, terbukti ketika bangsa Indonesia dilanda oleh pandemi Covid-19.

“Persaudaraan itu terwujud di dalam berbagai macam bentuknya, sehingga dengan tulus kita bisa merasa bangga karena negara kita dinilai termasuk salah satu yang berhasil menghadapi wabah Covid-19 ini. Untuk itu kita ingin bersyukur,” ujar Kardinal Suharyo dalam perayaan Misa Hari Raya Natal (Pontifikal) di Gereja Katedral St Perawan Maria Diangkat Ke Surga Jakarta, Sabtu, 25 Desember 2021.

BACA JUGA:

Kardinal Suharyo juga mengingatkan agar persaudaraan yang telah terjalin ini harus benar-benar terus dirawat.

“Pesan Natal tahun ini juga mengajak kita untuk terus merawat dan mengembangkan persaudaraan supaya bangsa kita segera keluar dari berbagai macam dampak yang diakibatkan oleh wabah Corona,” ujar Kardinal Suharyo.

Sementara, Paus Fransiskus yang memimpin Misa malam Natal di Basilika Santo Petrus Vatikan mengatakan, bayi Yesus yang lahir dalam kemiskinan harus mengingatkan orang bahwa melayani orang lain lebih penting daripada mencari status atau visibilitas sosial atau menghabiskan seumur hidup untuk mengejar kesuksesan.

“Pada malam cinta ini, semoga kita hanya memiliki satu ketakutan, yaitu menyinggung cinta Tuhan, menyakitinya dengan meremehkan orang miskin dengan ketidakpedulian kita. Yesus sangat mencintai mereka, dan suatu hari mereka akan menyambut kita di surga,” kata Paus Fransiskus.

Pada hari raya Natal, 25 Desember 2021, Paus Fransiskus memberikan berkat “Urbi et Orbi” dari balkon tengah Basilika Santo Petrus Vatikan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*