Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Inilah 4 Program Beasiswa yang Bisa Kamu Manfaatkan




Mahasiswa di sebuah Universitas

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat ini, peluang melanjutkan pendidikan tinggi baik negeri maupun swasta melalui jalur beasiswa terbuka lebar. Dan bagi kamu calon mahasiswa, informasi terkait beasiswa juga semakin mudah diakses.

Dari sederet tawaran beasiswa, ada sejumlah program beasiswa yang memberikan biaya pendidikan sebagian (beasiswa parsial) maupun biaya pendidikan penuh (beasiswa penuh).

BACA JUGA:

Nah, jika kamu sedang mempertimbangkan untuk mendaftar beasiswa kuliah untuk meringankan biaya, berikut beberapa rekomendasi beasiswa dalam negeri yang bisa kamu coba:

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah)

Kartu Indonesia Pintar merupakan pengganti Beasiswa Bidikmisi yang disediakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Beasiswa ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi, namun memiliki potensi akademik yang sangat baik dan mendapat rekomendasi dari sekolah.

Beasiswa mencakup biaya kuliah, tunjangan buku, dan uang saku yang diberikan setiap semester. Mahasiswa D3 akan mendapatkan beasiswa selama 6 semester, sedangkan mahasiswa D4 dan S1 mendapatkan beasiswa selama 8 semester.

Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek

Beasiswa Masyarakat Berprestasi merupakan salah satu dari lima macam beasiswa unggulan yang disediakan oleh Kemendikbudristek. Manfaat yang didapatkan juga kurang lebih sama dengan beasiswa unggulan lainnya yakni biaya kuliah plus uang saku tiap bulan.

Beasiswa ini diberikan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki pencapaian prestasi di bidang akademik maupun non-akademik pada level nasional atau internasional. Beasiswa juga diberikan kepada masyarakat Indonesia yang menjalankan aktivitas yang berkontribusi kepada daya saing bangsa.

Beasiswa LPDP

Beasiswa ini merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola LPDP untuk pembiayaan studi.

Beasiswa kerja sama antara Kemenkeu dan Kemendikbudristek ini terbuka bagi siswa yang akan melanjutkan jenjang S1, S2, hingga S3. Uang saku yang ditawarkan sekitar Rp 118-320 juta per tahun dan menanggung biaya pendidikan, asuransi, transportasi, tunjangan keluarga (untuk S3) dan lainnya.

Beasiswa APERTI BUMN

Ini merupakan beasiswa yang disediakan Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK di seluruh Indonesia yang berminat kuliah di salah satu perguruan tinggi di bawah APERTI BUMN.

Penerima beasiswa terpilih akan mendapatkan beasiswa penuh 100 persen selama menempuh masa studi. Ada 9 perguruan tinggi yang bernaung di bawah APERTI BUMN, yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) Institute, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Pertamina, Telkom University (Tel-U), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), Institut Teknologi PLN (IT PLN), Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), dan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG).

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*