3 Profil Sekolah Internasional di Kota Semarang, Segini Biayanya




Peserta didik SMP-SMA Sekolah Semesta BBS Semarang di Jl. Raya Manyaran-Gunungpati Km. 15, Nongkosawit, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah
Peserta didik SMP-SMA Sekolah Semesta BBS Semarang di Jl. Raya Manyaran-Gunungpati Km. 15, Nongkosawit, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah (KalderaNews/Humas Sekolah Semesta)

SEMARANG, KalderaNews.com – Kota Semarang di Jawa Tengah memiliki beberapa sekolah internasional yang awalnya merupakan kebutuhan kaum ekspatriat yang bermukim di sana.

Menggunakan kurikulum internasional dan dilengkapi dengan sarana serta prasarana yang sangat memadai, tidak heran biaya yang dibutuhkan untuk bersekolah di sekolah internasional cukup tinggi.

Namun, semua itu sebanding dengan kualitas pendidikan yang didapatkan para siswa dan para orangtua. Bagi kamu yang tinggal di kawasan Kota Semarang dan sekitarnya, tertarik? Simak beberapa sekolah internasional yang ada di Kota Semarang berikut ini:

BACA JUGA:

Semarang Internasional School (SIS)

Di Semarang International School (SIS) menerapkan filosofi yang mengutamakan anak dalam mengembangkan proses berpikir kreatif dan belajar seumur hidup.

Terletak di Alamat: Jl Jangli No 37 Semarang 50254, SIS ini awalnya di bangun untuk kebutuhan sekolah anak-anak dari masyarakat internasional yang berdomisili di Kota Semarang.

Karena diperuntukkan bagi kaum ekspatriat yang tinggal di Kota Semarang, maka SIS merekrut guru- guru asing yang sangat berkualitas di setiap kelasnya.

Untuk kurikulum, SIS menggunakan kurikulum Cambridge Internasional. Dan informasi biaya pendidikan yang dibutuhkan jika kamu ingin bersekolah di Semarang Internasional School sekitar Rp76.500.000.

Semesta Bilingual Boarding School

Sekolah yang biasa lebih dikenal dengan sebutan Sekolah Semesta Gunungpati berada di bawah naungan Yayasan Al Firdaus, yang terdiri dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA.

Saat ini, Sekolah Semesta berdiri di 3 kampus yang lokasinya terpisah, yaitu Semesta Bilingual Boarding School yang terdiri dari jenjang SMP dan SMA berlokasi di Gunungpati, SD Semesta yang berlokasi di Srondol dan Semesta 2 yang terdiri dari jenjang PG, TK dan SMP berlokasi di Jangli.

Pada awalnya, Sekolah Semesta hanya menerima siswa laki-laki, dan ini berlangsung hingga tahun 2002, namun pada tahun 2005 SMP dan SMA Semesta mulai menerima siswa perempuan.

Hal ini ditandai dengan dioperasikannya gedung asrama putri yang mulai dibangun pada tahun 2004, dan pada akhirnya di tahun 2014, gedung ini diubah fungsinya menjadi gedung sekolah khusus untuk putri.

Sekolah Semesta menggunakan kurikulum Cambridge yang berasal dari Cambridge International Examination.

Pada tahun ini pula Sekolah Semesta mulai menggunakan teknologi digital di dalam kelas atau Technology Integrated Classroom.

Kesimpulannya, Sekolah Semesta adalah sekolah unggulan yang didirikan bekerja sama dengan Yayasan Al Firdaus Indonesia dengan Asosiasi Fasilitator Turki yang berlokasi di kota Semarang, Jawa Tengah.

Sistem pendidikan berbasis siswa, dengan bahasa pengantar dalam bahasa Inggris terutama untuk Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, dan Bahasa Inggris.

Dengan dukungan fasilitas pendidikan modern dan canggih serta staf pengajar asing profesional yang siap mengantarkan anak-anak Indonesia dalam kompetisi pendidikan nasional dan internasional

Singapore International School Indonesia Semarang

Sekolah internasional yang terletak di Jl. Bukit Candi Golf No.20, Jangli, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50274 ini telah berdiri sejak tahun 1997 oleh pendirinya, Jaspal Sidhu.

Sekolah yang juga disebut dengan SIS ini  menyelenggarakan pendidikan mulai masa pra-sekolah hingga jenjang kelas 12 (setara kelas 3 SMA) berdasarkan kurikulum internasional.

Kurikulum yang diterapkan di SIS ini adalah mengadopsi kurikulum yang ada di sekolah-sekolah top di Singapura.

Sekolah ini telah memperoleh sertifikat Cambridge Centre for International Examination (CIE) yang menawarkan kurikulum internasional di IGCSE dan ujian internasional level A.

Singapore School Semarang, berafiliasi dengan Singapore International School Indonesia datang ke Semarang yang merupakan kota terbesar ke-4 di Indonesia. Kampus Baru ini dibuka pada Agustus 2010. SIS Semarang memiliki fasilitas seperti Ruang Kelas yang Luas, Guru yang Berpengalaman dan Inspiratif, Laboratorium TI, Berbagai Kegiatan Ko-Kurikuler, Laboratorium Sains, dan Lapangan Bermain Besar. Jika itu tidak cukup, ada Water Blaster di dekat sini.


Kurikulum SIS Semarang: Dalam dunia yang semakin mengglobal, sekolah harus mengubah cara siswa dididik. Pembelajar muda kita harus dilengkapi dengan nilai-nilai kritis untuk lebih memahami dunia; realitas, orang, dan budaya yang akan berinteraksi dengan mereka. Pilihan mereka dalam hidup besok akan jauh berbeda dari orang tua yang mereka buat kemarin. Karenanya keberhasilan mereka akan bergantung pada kebijaksanaan di balik pilihan yang mereka buat.

Informasi biaya yang dibutuhkan untuk bersekolah disekolah internasional ini sekitar Rp273.300.000 – 301.200.000.000, tergantung pilihan jenjang SMP/SMA yang dipilih calon siswa.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*