Rektor UMY Dikukuhkan Sebagai Guru Besar ke-17, Teliti Ilmu Tanah dari Perspektif Al-Quran

Pengukuhan Rektor UMY Jadi Guru Besar Ilmu Tanah
Pengukuhan Rektor UMY Jadi Guru Besar Ilmu Tanah (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu tanah, kajian dari perspektif Al-Quran.

Dalam orasi ilmiahnya, Gunawan menyampaikan bahwa dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa terdapat beberapa surah dalam Al-Qur’an, seperti surah Al-A’raf:10 dan surah Al-Hijr: 20 mengenai semua makhluk yang ada di dalam biofer.

Acara pengukuhan Gunawan menjadi guru besar di UMY, diselenggarakan pada Sidang Senat Terbuka, Sabtu, 26 Maret 2022.

BACA JUGA:

Adapun pesan tersirat yang disampaikan oleh Gunawan pada orasi ilmiahnya tersebut, berkisar mengenai bagaimana manusia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi akan membuat kesejahteraan alam atau kerusakan.

Acara yang berlansung di Ruang Sidang Lt. 5 Gedung AR Fachruddin B Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu, gunawan melakukan penelitian bertajuk “Telaah Tanah dan Lingkungan dalam Dimensi Qur’ani.”

Menurut Gunawan, bahwa tanah merupakan kunci dari ekosistem manusia sehingga dibutuhkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana proses evolusi dapat terjadi dari waktu ke waktu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*