3 Cara Jitu Meningkatkan Kemampuan Menghafal dengan Cepat dan Mudah




rumus fisika, belajar fisika,
Belajar dan hafal rumus fisika diperlukan pemahaman konsep materinya. (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Beberapa pelajaran di sekolah dan di bangku kuliah, bisa jadi, membutuhkan hafalan. Hafalan membutuhkan kemampuan menghafal, yang merupakan kemampuan paling krusial dan menentukan prestasi di sekolah.

Sayangnya, kemampuan menghafal ini tidak diajarkan secara detail di sekolah. Oleh karena itu, kita perlu mempunyai cara jitu untuk meningkatkan kemampuan menghafal berbagai materi yang diberikan oleh para guru dan dosen.

BACA JUGA:

Tiga cara jitu meningkatkan kemampuan menghafal ini harus dipahami oleh pelajar dan mahasiswa. Cekidot!

Pakai keyword

Kunci menghafal yang pertama adalah memanfaatkan keyword atau kata kunci penting. Menghafal dengan keyword akan terasa sangat mudah dan cepat. Misalnya kita harus menghafal kalimat yang berisi 30 kata, maka kita harus menghafal semuanya. Bila dengan memakai keyword, kita bisa hanya menghafal menggunakan 3-5 kata kunci saja.

Simulasi

Menghafal dengan simulasi atau experiential learning adalah sebuah metode menghafal yang sangat menyenangand an cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Cara yang bisa dilakukan dengan metode ini misalnya dengan gim edukatif, yakni belajar sambil bermain.

Buat storyline

Cara meningkatkan kemampuan menghafal yang ketiga adalah dengan melibatkan otak kanan, atau otak yang bekerja di area kreativitas. Kamu akan kaget hanya dengan membuat cerota pendek berdasarkan kata-kata yang sedang kamu hafalkan ternyata hal tersebut malah sangat efektif da teringat lebih lama.

Caranya yakni dengan menyusun kata-kata tersebut dan menghubungkannya dengan kata penghubung dan merangkainya enjadi sebuah cerita pendek yang menarik. Ada dua manfaat yang bisa didapat denagn menggunakan cara ini yakni, bisa menghafal lebih cepat dan juga bisa meningkatkan kreativitas.

Tiga cara tersebut di atas dapat meningkatkan kemampuan menghafal kita tanpa harus bersusah payah seperti cara yang lama. Yuk, kita cobain dan temukan mana cara yang menurutmu paling sesuai dengan dirimu!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*