Hentikan Sekarang! 4 Kesalahan Belajar yang Harus Dihindari Para Pelajar




Belajar
Belajar di perpusatakaan (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Salah satu tugas pelajar adalah belajar. Sejak kita sekolah di bangku sekolah dasar hingga di bangku kuliah, belajar masih akan terus menjadi kewajiban yang harus dilakukan agar memperoleh hasil yang baik di transkip nilai kelak.

Namun demikian, belajar sehari-hari masih ada saja kendala yang dihadapi. Kendala in ibisa saja berasal dari luar, tetapi ada juga yang berasal dari dalam diri kita sendiri. Banyak pelajar yang masih belum paham cara belajar efektif dan efisien. Tidak hanya itu, masih banyak pelajar yang belum paham ada kesalahan belajar.

BACA JUGA:           

  

Inilah kesalahan belajar yang harus dihindari kaum pelajar agar berhasil dalam prestasi akademik.

Sistem kebut semalam

Cara penting agar materi pelajaran dapat bertahan lama dalam ingatan adalah rajin review atau mengingat kembali pelajaran yang telah dipelajari. Jika ujian dimulai satu minggu lagi, usahakan kitatelah menyicil materinya dari sekarang.

Kesalahan belajar yang banyak dilakukan oleh para pelajar adalah belajar sata menjelang ujian saja dengan sistem kebut semalam. Satu hari sebelum ujian mereka baru belajar dari awal hingga larut malam. Hal ini tidak dianjurkan karena bukannya memahami materi, otak malah jadi lelah karena disuruh ngebut, yang belum tentu akan efektif.

Kurang latihan soal

Belajar tidak hanya membaca saja. Banyak cara belajar yang harus dicoba. Salah satunya adalah menjawab soal-soal latihan, terutama untuk materi hitungan. Latihan soal dapat membantu kita mengembangkan pikiran mengenai materi yang bersangkutan tersebut. Jika membaca saja tanpa latihan soal, akan sulit bagi otak untuk mengingat semua hal yang sudah dibaca atau atau dipelajari.

Mementingkan tampilan catatan

Banyak tip yang dibagikan di media sosia tentag cara membuat catatan yang rapi dan bagus. Mempunyai catatan yang rapid an bagus tentu tidak salah, tetapi bila kamu terlalu fokus pada mempercantik catatan saja, tentu akan membuat waktu belajar banyak tersita dan menjadi lupa dengan isi dan pemahaman mengenai materi pelajaraannya.

Inliah kesalahan belajar ketiga, yakni hanya fokus pada catatan dan tidak memahami isinya dengan baik.Buatlah poin-poin penting untuk memudahkan belajar, bukan tentang bagusnya hiasan yang kita buat.

Mengabaikan istirahat

Belajar giat memang harus dilakukan setiap hari. Hal ini penitng untuk menjaga semangat belajar kita. Namun, kita harus tetap ingat bahwa keseimbangan antara belajar dengan istirahat merupakan hal yang penting. Jatuh sakit karena kurang istirahat akan membuat usaha belajar kita juga sia-sia.

Itulah empat kesalahan belajar yang harus diketahui para pelajar agar tidak dilakukan. Kesalahan belajar tidak hanya membuat kita gagal paham terhadap materi pelajaran, tetapi juga dapat membuat nilai ujian kita jeblok nantinya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*