Mahasiswa Harus Tahu! 4 Hal Penting yang Disiapkan Pra Skripsi

Mengerjakan Skripsi
Ilustrasi: Mengerjakan Skripsi
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Skripsi merupakan salah satu syarat kelulusan bagi seorang mahasiswa yang menempuh pendidikan di jenjang pendidikan untuk mendapatkan gelar sarjananya. Tidak jarang skripsi menjadi kendala bagi mahasiswa tingkat akhir. Kendala yang terkait dengan skripsi dapat berasal dari dalam diri kita sendiri maupun dari luar. Kendala skripsi dapat dihindari dengan persiapan pra skripsi yang baik.

Agar skripsi tidak menjadi kendala yang mengganggu kelulusan kita, maka kita perlu memperhaikan empat hal penting. Inilah empat hal penting yang harus diperhatikan mahasiswa saat akan pra skripsi atau tugas akhir. Cekidot!

BACA JUGA:

Pilih topik dan judul skripsi yang sesuai

Langkah pertama pra skripsi adalah memilih topik dan ide skripsi, yang merupakan salah satu hal yang paling menentukan jalannya skripsi. Kamu bisa mencari ide yang sesuai dengan permasalahan yang ada pada saat ini. Carilah topik permasalahan yang sedang banyak dibahas atau pun menjadi masalah bagi banyak orang dan belum terdapat  solusi yang efisien sejauh ini.

Kamu bisa menemukan ide yang unik dan menarik, pastikan bahwa belum ada yang mengambil topik yang kamu sukai atau belum ada peneliian yang serupa. Tentukan ide yang dapat membuatmu merasa tertarik di bidang tersebut. Kamu juga perlu memastikan bahwa dirimu benar-benar tertarik dan memiliki kapasitas untuk meneliti  tentang topik permasalahan yang kamu dapatkan tersebut.

Saat kamu menemukan ide ayang menarik, tetapi kamu merasa tidak memiliki kapasitas untuk menelitinya, maka lebih baik lepaskan dan carilah ide lain yang mampu kamu tangani. Pastikan kamu mampu meneliti ide permasalahan yang kamu ambil dan juga memiliki rasa ketertarikan di bidang tersebut. Jangans ampai kamu harus mengganti judul skripsi di tengah jalan karena kamu tidak memiliki ketertarikan pada topik yang diambil.

Pertimbangkan kemudahan akses

Ketika kamu telah menemukan ide skripsi pada masa pra skripsi, kamu harus memilih kembali bagaimana cara kamu meneliti pemasalahan yang kamu pilih. Carilah cara yang paling bisa kamu lakukan dengan mudah. Carilah juga jenis penelitian yang bisa kamu lakukan tanpa kendala yang berarti.

Matangkan latar belakang penelitian skripsi

Sebelum mengerjakan skripsi ke tahap yang jauh, kita perlu mematangkan latar belakang penelitian yang disusun kita harus memastikan bahwa latar belakang yang dipilih cukup sebagai dasar pelaksanaan penelitian skripsi ini.

Memilih dosen pembimbing yang sesuai

Pembimbing juga faktor  penting dalam penyusunan skripsi.  Maka, sebelum melakukan penelitian atau pra skripsi, kamu perlu memastikan bahwa dosen pembimbing kita sesuai dan menyetujui ide serta judul dan topik skripsi yang diambil.

Kita juga perlu memastikan dosen pembimbing kita memiliki kapasitas untuk membimbing penelitian dengan baik. Selian itu, sebelum menentukan pembimbing skripsi, hendaknya kamu mencari tahu kemudahan komunikasi dengannya agar proses penyusunan skripsi dalam berjalan lancar.

Itulah empat hal penting yang harus kita perhatikan saat pra skripsi. Pahami dan urutkan tip di atas untuk mempermudah kita menyusun skripsi. Siapkan pula amunisi semangat agar skripsi kita tuntas dengan cepat dan baik. Semangat!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*