Catat! Pendaftaran Australia Awards Scholarship Dibuka untuk Studi S2 dan S3, Tutup 29 April 2022




Ilustrasi: Biaya kuliah di Australia. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi: Biaya kuliah di Australia. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran Beasiswa Australia Awards (Australia Awards Scholarship/AAS) tahun 2022 telah dibuka bagi mahasiswa yang hendak melanjutkan studi S2 dan S3. Registrasi dibuka sampai Jumat, 29 April 2022 pukul 20.59 WIB.

Beasiswa penuh untuk gelar Master atau Doktor ini merupakan bagian dari program bilateral antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Australia. Program ini juga menyediakan pelatihan bahasa dan program pengantar akademik sebelum keberangkatan selama 9 bulan di Indonesia.

BACA JUGA:

Sejumlah pendanaan yang mencakup beasiswa ini di antaranya yakni, uang saku selama pelatihan, tiket pesawat pulang-pergi, biaya hidup, biaya kuliah, tunjangan kedatangan, biaya visa, asuransi kesehatan, hingga dukungan akademik profesional.

Sasaran beasiswa

Australia Awards Scholarship memprioritaskan lulusan S1 yang tertarik untuk mengambil studi bidang Rencana Tanggap Pembangunan Covid-19 (Covid-19 Development Response Plan) seperti Keamanan Kesehatan, Stabilitas, dan Pemulihan Ekonomi.

Kandidat terbagi menjadi dua kategori targeted dan non targeted. Kandidat targeted adalah mereka yang berasal dari daerah Geographic Focus Areas (GFAs), mitra kedutaan, dan instansi pemerintah Indonesia.

Sementara, kandidat non targeted adalah kandidat dari sektor swasta, kandidat yang bekerja di universitas negeri dan perusahaan milik negara, dan lainnya. Sarjana penyandang disabilitas juga diprioritaskan untuk mendaftar beasiswa ini.

Persyaratan beasiswa

  1. Warga negara Indonesia yang berdomisil dan melamar beasiswa di Indonesia
  2. Tidak sedang menikah atau bertunangan dengan warga negara Australia atau Selandia Baru atau selama mendapatkan beasiswa di Australia
  3. Memenuhi persyaratan dari pemerintah Australia bagi pelajar internasional di sana
  4. Tidak sedang mengajukan visa untuk tinggal di Australia
  5. Tidak sedang melamar Australia Awards Scholarship jangka panjang lainnya
  6. Telah memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia
  7. Bukan seseorang yang dikenakan kewajiban militer
  8. Memenuhi semua persyaratan Departemen Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan (DIBP) untuk visa pelajar dari daerah GFA
  9. Memenuhi persyaratan penerimaan universitas Australia yang membuka beasiswa ini
  10. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,9 pada skala maksimal 4,0. Khusus untuk afirmasi, IPK sama dengan atau lebih tinggi dari 2,75.
  11. Hasil skor minimal pendaftar S2 yakni, IELTS 5,5 di IELTS (atau 525 di TOEFL berbasis kertas atau 69 di TOEFL berbasis internet atau 46 di PTE Academic). Untuk afirmasi, skor IELTS 5,0 (atau 500 di TOEFL berbasis kertas, 59 di TOEFL berbasis internet, atau 38 di pearson PTE);
  12. Hasil skor minimal pendaftar S3 yakni, 6.0 di IELTS (atau 550 di TOEFL berbasis kertas atau 79 di TOEFL berbasis internet atau 54 di PTE Academic).

Jadwal seleksi

  1. Penutupan pendaftaran online: 29 April 2022
  2. Pengumuman hasil seleksi dan informasi wawancara: Juni 2022, bagi pelamar yang lolos wawancara akan diinformasikan waktu wawancaranya
  3. Pelaksanaan tes IELTS dan wawancara: Juli 2022
  4. Pengumuman hasil beasiswa: Agustus 2022

Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung cek DI SINI.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*