Rektor Telkom University, Terpilih Sebagai Ketua APTIKOM Jawa Barat Periode 2022-2026




Rektor Telkom University Terpilih Jadi Ketua APTIKOM Jawa Barat (KalderaNews/Dok.Tel-U)
Rektor Telkom University Terpilih Jadi Ketua APTIKOM Jawa Barat (KalderaNews/Dok.Tel-U)

BANDUNG, KalderaNews.com – Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya terpilih menjadi Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM) Jawa Barat periode 2022-2026.

Pada Rabu, 23 Maret 2022, lalu APTIKOM Jawa Barat, menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) ke-3, yang berlangsung di Gedung Damar Telkom University.

Acara tersebut diselenggarakan untuk pemilihan Ketua APTIKOM Jawa Barat periode 2022-2026.

BACA JUGA:

Pada sambutannya, Ketua Umum APTIKOM, Prof. Zainal Arifin Hasibuan., Ph.D., saat membuka Musprov ke-3 APTIKOM Jawa Barat menyampaikan kepada ketua APTIKOM Jawa Barat terpilih, semoga dapat meneruskan kesuksesan kepemimpinan sebelumnya.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Zainal juga menyampaikan bahwa berdasarkan Undang-Undang No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi bahwa akreditasi perguruan tinggi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional dan Akreditasi Program Studi sebagai bentuk akuntabilitas publik yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri.

“Insya Allah akhir Maret 2022, akan efektif beroperasi sebagai Lembaga Akreditasi Mandiri bidang program studi Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM) dan ini kebanggaan kita untuk ke depannya untuk dunia pendidikan yang lebih baik lagi.” Ucapnya.

Sementara, Rektor Universitas Telkom, Prof. Adiwijaya yang resmi terpilih sebagai Ketua APTIKOM menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan untuk meneruskan kepemimpinan APTIKOM Jabar untuk 4 tahun ke depan.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, dan kami akan meneruskan kepemimpinan Prof. Eddy sebelumnya, di mana untuk terus mengembangkan APTIKOM diperlukan adanya kolaborasi yang kuat, dengan begitu bersama-sama kita dapat menciptakan pendidikan yang berkualitas sehingga menghasilkan generasi yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia.” ucapnya.

Acara Musprov ke-3 APTIKOM Jawa Barat tersebut juga diisi dengan seminar nasional bertajuk “Smart Campus Menyongsong Era Metaverse.”

Turut hadir sebagai Keynote Speaker Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny G. Plate yang diwakilkan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Dr. Ismail, dan Gubernur Jawa Barat Dr. Ridwan Kamil yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dr. Ika Mardiah.

Setelah acara pemilihan, rangkaian acara dilanjutkan dengan 3 diskusi panel dengan tema yang berbeda.

Adapun diskusi panel pertama bertajuk “Tata Kelola Prodi di Era LAM, OBE Dan Kebijakan MBKM” dengan narasumber Prof. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D (Ketua Umum APTIKOM), dan Parman Sukarno, PhD. (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Informatika Telkom University).

Lalu pada diskusi panel kedua bertajuk “Pemanfaatan Infrastruktur super computer bagi Perguruan Tinggi APTIKOM,” dengan narasumber :  Dr. I Made Wiryana (Dosen dan Peneliti Universitas Gunadarma), dan Prof. Dr. Adiwijaya (Rektor Telkom University).

Terakhir, pada diskusi panel ketiga, dibahas tentang “Revolusi Metaverse, Peluang atau Tantangan Bagi Pendidikan Tinggi,” dengan Narasumber: Budi Setyawan Wijaya (Direktur Strategic Portofolio PT Telkom Indonesia), Anang Achmad Latif (Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI)), dan Antovany Reza (Indonesia VR Association (INVRA).

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*