6 Tip Agar Selalu Punya Waktu buat Membaca Buku, Pelajar Wajib Tahu




Ilustrasi: Tips membaca buku agar maksimal. (Ist.)
Ilustrasi: Membaca dan merawat koleksi buku agar maksimal. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Membaca memang bisa dikatakan sebagai sebuah hobi. Kegiatan ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan pun. Sayangnya, membaca buku telah banyak ditinggalkan karena banyak alasan, bisa jadi karena kesibukan, kurang istirahat atau lelah.

Membaca buku sebenarnya tidak memerlukan waktu yang lama. Sulit mendisiplinkan diri buat membaca buku lebih disebabkan bahwa kamu belum terbiasa. Jika telah terbiasa, membaca buku setiap hari bahkan terasa sebagai kebutuhan pokok.

BACA JUGA:

Inilah enam tip agar kamu selalu punya waktu untuk membaca buku

Kurangi scroll media sosial

Bila membuka media sosial sempat, kamu berarti juga sempat untuk membaca buku. Kurangi waktu main media sosial misalnya dari sepuluh menit menjadi hanya lima menit saja. Sisa waktu dapat kamu gunakan untuk membaca buku. Jika selama ini kamu menghabiskan lebih banyak waktu buat scrolling media sosial, ini saatnya kamu mulai kebiasaan dengan kebiasaan baru.

Jadikan sebagai ‘me time’

Membaca buku juga bisa termasuk ‘me time’. Kamu bisa mulai sekarang mencobanya. Kamu dapat melakukannya dengan rebahan, sambil ditemani minuman yang kita sukai. Pada awal ini juga kamu bisa memilih genre buku favoritmu atau sesuai untuk bersantai seperti novel. Sembari memulihkan energi sepulang kerja, wawasanmu pun akan bertambah dengan membaca buku.

Satu atau dua halaman sehari sudah cukup

Membaca sekali sebanyak puluhan halaman tidak lebih baik daripada membaca satu atau dua halaman sala dalam beberapa  menit saja. Kamu bisa membaca di ruang tunggu atau bisa sambil menghabiskan jam istirahat.  

Bawa buku ke mana saja pergi

Bila terdapat buku di dalam tas, kemungkinan kamu bisa membacanya setiap saat akan lebih sesar. Bila kamu punya waktu kosong sebentar atau sedang merasa bosang, kamu bisa mengambil buku untuk dibaca. Kamu bisa membawa buku yang tipis saja agar tasmu tidak terasa berat.

Ikut komunitas membaca

Terdapat banyak komunitas membaca yang ada di masyarakat. Kamu dapat juga bergabung komunitas ini melalui media sosial. Sebagian kamu juga bisa bergabung di komunitas menulis untuk dapat mengasah skillmu. Di komunitas membaca kamu bisa diskusi buku-buku dan menuliskan review.

Gunakan waktu sesaat sebelum dan setelah tidur

Bila selama ini kamu menunggu kantuk datang dengan membuka media sosial kali ini kamu bisa menggantinya dengan membaca. Begitu pula setelah bangun tidur, saat masih malas turun dari ranjang. Daripada kamu hanya berguling-guling saja, kamu dapat menyalakan lampu dan membaca sebentar.

Memulai kebiasaan baru memang tidak mudah. Perlu tekat yang kuat. Yuk, semangat yuk untuk mulai kebiasaan baru ini!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*