4 Cara Mudah Tetapkan Rutinitas Baca Buku, Konsisten Kuncinya!




Ilustrasi Baca Buku untuk Mengisi Waktu (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi Baca Buku untuk Mengisi Waktu (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ketika akhir pekan, merupakan pilihan Anda untuk menggunakan waktu bebas, termasuk baca buku. Mungkin perasaan Anda mengatakan tidak memiliki banyak waktu hanya untuk membaca kata per kata dan menambah ilmu baru, padahal kalau dilaksanakan tentu saja di luar dugaan.

Baca buku merupakan aktivitas ringan yang bermanfaat. Yuk, tanamkan kebiasaan membaca buku di tahun ini dengan strategi yang realistis.

Tetapkan Tujuan Halaman Harian

Dilansir dari college info, bahwa Anda harus realistis dalam menetapkan halaman per hari, misalnya 25 halaman sehari. Usahakan jangan melewatkan satu hari tanpa membuka buku dan membacanya. Buat target yang membuatmu dapat mencapainya secara konsisten. Seiring waktu, halaman akan bertambah karena keinginan Anda sendiri, bukan keterpaksaan.

BACA JUGA:

Bacalah di Pagi Hari

Membaca jadi aktivitas ringan sebelum memulai sekolah atau bekerja. Pagi hari merupakan waktu paling tepat untuk membaca karena Anda belum fokus kepada pekerjaan. Ketahuilah bahwa semakin siang Anda membaca, maka Anda malah sulit fokus karena otak bekerja multitasking.

Hindari Semua Gangguan

Perhatian bukanlah tindakan berfokus pada satu rangsangan, tetapi lebih pada proses otak Anda menghalangi rangsangan lain. Jadi berikan otak Anda kesempatan terbaik untuk sukses dengan menghilangkan gangguan dari lingkungan Anda.

Gawai menjadi gangguan utama ketika Anda ingin membaca. Maka dari itu, usahakan tidak memulai hari dengan langsung cek sosial media, melainkan membaca. Letakkan jauh-jauh gawai ketika Anda membaca. Ketika membaca e-book, maka Anda dapat memasang mode airplane pada ponsel.

Terbuka Pada Pilihan Jenis Media Baca

Memang benar bahwa orang memiliki gaya belajar yang berbeda, jadi buku tertulis bukanlah pilihan terbaik untuk semua orang. Tapi apakah Anda sudah mencoba buku audio? Buku audio bisa menjadi kunci untuk membaca lebih banyak tahun ini. Dengan niat dan semangat, maka membaca buku bukan sekadar resolusi awal tahun.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*