Deretan Universitas Tertua di Dunia, Mahasiswa Perlu Tahu




University of Oxford
salah satu universitas tertua di dunia, University of Oxford.

JAKARTA, KalderaNews.com – Selepas sekolah menengah kita pasti ingin melanjutkan kuliah ke sebuah universitas atau perguruan tinggi, bahkan kalau bisa hingga mendapat gelar doktor. Tahukah kamu bahwa perguruan tinggi telah ada sejak aman dulu dan masih berdiri hingga saat ini? Inilah universita tertua di dunia yang perlu kita tahu. Yuk, simak!

BACA JUGA:

University of Bologna

Berdidi tahun 1088, UNIBO merupakan universitas tertua dii dunia yang memiliki 11 fakultas dan 33 departemen ini terkenal dengan pendidikan hukum perdata dan hukum kanonik. UNIBO memiliki cabang di Buenos Aires, Argentina.

Lulusan terkenal dari kampus ini antara lain: Nicolaus Copernicus, Guglielmi Marconi (dianggap pionir bidang radio), Enzo Ferrari (pendiri Ferrari), Paus Aleksander VI, Paus Gregorius XIII, Paus Gregorius XV, Paus Inosentius IX, Gasparo Tagliacozzi (pionis operasi plastik Italia) dan lain-lain.

University of Oxford

Univeristas yang menurut QS World University Rankings 2022 ini beridiri sejak 1096 dan disebut sebagai universitas tertua kedua di dunia. Memiliki 39 kolese dan 6 institusi permanent private hall (PHH), kampus ini juga memiliki pers universitas terbesar di dunia dengan nama oxford University Press (UOP).

Lulusan terkenal dari universitas ini antara lain: Stephen Hawking, Albert Einstein, Adam Smith, J.R.R. Tolkien, Bill Clinton, Indira Gandhi, Aung San Suu Kyi, dan lain-lain.

University of Cambridge

Saat para cendeiawan dari Oxford melarikan diri dari amukan warga, beberapa d ari mereka pindah ke Cambridge dan mendirikan insitusi mini di sana pada 1209. Pada tahun 1231, University of Cambridge baru menerima piagam dari Raja Henry III sebagai institusi pendidikan.

Karena memiliki kesamaan dengan University of Oxford, keduanya sering disingkat menjadi Oxbridge. University of Cambrideg memiliki 31 kolese dan 6 fakultas yang memuat 150 departemen.

Alumni terkenal dari kampus ini antara lain adalah Sir Isaac Neston, James C. Maxwell, Nield Bohr (pencetus sturktur  atom), Charles Darwin, dan lain-lain.

University of Salamanca

Berdiri di Salamanca, Castilla y Leon, sejak 1134, diakui tahun 1218 atas izin Raja Alfonso IX. Univerista ini terkenal sebagai institusi yang turut mendukung ekspedisi Christoper Colobus pada abad 15.

University of Salamanca menjadi tempat sekitar 28.000 mahasiswa termasuk pelajar asing yang ingin mempelajari tentang bidang humaniora seperti sastra Spanyol, hukum, dan ekonomi. Salah satu lulusan terkenal dari kampus ini adala Miguel de Cervantes, penulis novel Don Quixote.

University of Padua

Univeristy od Padua atau biasa disingkat UNIPD merupakan universitas tertua yang berdiri sejak tahun 1222. Didirikan oleh dosen dan mahasiswa dari Bologna, sehingga universitas ini merupakan universitas tertua kedua di Italia.

UNIPD memiliki 8 fakultas dan 32 departemen dan saat ini menjadi tempat belajar bagi sekitar 60.000 mahasiswa. Lulusan terkenal dari kampus ini antara lain: Nicolaus Copernicus, Gabriele Falloppio (ahli anatoni dan organ reproduksi yang menjelaskan tentang sistem di tuba falopii), dan Willian Harvey (ahli kesehatan Inggris yang menjelaskan tentang sirkulasi darah manusia).

University of Naples Federico II

Berdiri pada tahun 1223, didirikan atas izin Kaisar Romawi Suci Faderico II. Memiliki 4 fakultas dan 26 departemen dan sejak 2020, universitas ni memuat hampir 100.000 mahasiswa. Pada tahun 2016, kampus ini menjadi tuan rumah Apple iOS Developer Academy.

Tiga presiden Italia yang merupakan lulusan dari kampus ini adalah presiden pertama (Enrico De Nicola), presiden keenam (Giovanni Leone), dan presiden ke-11 yakni Giorgio Napolitano.

University of al-Qarawiyyin

Beridri pada 857-859 masehi di Fez, Maroko oleh Fatima al-Fihri. Di masa keemasan Islam, al-Qarawiyyin dianggap sebagai pusat pendidikan dan  spiritual terbesar. Awal dididrikan, bukan sebuah institusi pendidikan melainkan sebuah masjid.

Pada tahun 1963 al-Qrawiyyin baru dimasukkan ke sistem perguruan tinggi negeri Maroko dan berubahh nama menjadi University of al-Qarawiyyin. Oleh karenanya, kampus ini tidak dimasukkan sebagai deretan kampus tertua di dunia sebagaimana di atas.

Al-Azhar University

Didirikan di Kairo pada 972 Masehi oleh kekhalifahan Fathimiyah sebagai masjid dan pusat pembelajaran ilmu agama Islam dan tafsir Al-Qur’an. Status universitas baru didapatkan pad atahun 1961, di bawah pemerintahan presiden Mesir kedua, Gamal Abdel Nasser, Al-Azhar mengembangkan 81 fakultas. Meski demikian Al-Azar tetap dikenal sebagai salah satu instituri pendidikan agama Islam dan sastra Arab terbaik di dunia.

Itulah deretan universitas tertua di dunia, mana yang menjadi kampus impianmu untuk meraih cita-cita?

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*