Punya Sakit Maag? Ini Cara Puasa Agar Tetap Asyik Buatmu




Masa Puasa di Bulan Ramadhan
Saat sahur perbanyaklah minum air putih. Hal ini penting untuk menjaga kadar air di dalam tubuh agar jangan sampai kekurangan cairan (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Punya sakit maag memang mengganggu. Apalagi bila sedang kambuh, tentu akan sangat kegiatan kita. Sakit maag bisa terjadi karena beraneka penyebab. Yang pasti, gejala sakit maag ini sama antara penderita satu dengan yang lain.

Sakit maag sering dianggap banyak terjadi karena kita terlambat makan atau abai dengan jadwal makan. Sehingga puasa sering dikhawatirkan menjadi salah satu penyebab kambuhnya sakit maag ini. Padahal puasa bukan alasan untuk tidak puasa.

BACA JUGA:

Puasa tidak menimbulkan dampak buruk bagi mereka yang punya sakit maag. Sebaliknya, berdasarkan sebuah penelitian, puasa dapat memberikan manfaat besar untuk kesehatan. Inilah cara puasa buat kamu yang punya sakit maag agar tetap asyik.

Jangan lewatkan sahur

Makan sahur sangat penting sebelum melakukan puasa karena dapat menjaga asupan energy yang dibutuhkan di siang siang hari, terutama bagi yang punya sakit maag. Makanlah dengan menu yang bergizi, memiliki cukup karbohidrat, protein, dan serat.

Hindari makanan yang terlalu manis karena dapat membuat tubuh cepat merasa lemas dan lapar. Bisa juga berbahaya bagi penderita maag karena makanan manis akan cepat dikosongkan di perut, termasuk makanan instan.

Selain ini, hindari juga makanan pedas, asam, dan berminyak serta buah-buahan yang asam seperti lemon, jeruk, dan anggur. Makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Kamu bisa juga minum susu hangat saat sahut karena dapat mengurangi rasa tidak nyaman di perut, kecuali bagi para penderita intoleransi laktosa.

Hindari tidur setelah subuh

Biasanya kekenyangan setelah sahur akan membuat kita mengantuk dan ingin tidur lagi setelah sahur. Hal ini berbahaya bagi yang punya sakit maag karena tidur setelah makan dapat memicu produksi asam lambung dan membuat perut merasa tidak nyaman.

Sebaiknya makan sahur di penghujung wakutu sahur dan tetap terjaga dengan salat subuh atau membaca Alquran atau bisa juga kamu isi dengan nugas.

Makan secukupnya saat berbuka

Makan secukupnya sangat dianjurkan bagi mereka yang punya sakiit maag. Agar sistem pencernaan bekerja maksimal, baiknya berhenti makan tiga atau empat jam sebelum tidur. Hal ini dapat mengurangi beban saluran cerna dan memberikan kesempatan pada tubuh untuk memperbaiki kerusakan lambung saat tidur.

Minum banyak air putih

Tubuh banyak kehilangan cairan saat puasa. Oleh karena itu minum air putih minimal 8 gelas setelah buja puasa dan saat sahur sangat dianjurkan. Hal ini dapat menetralkan asam lambung, mengurangi risiko kambuhnya penyakit maag, dan membuat tubuhmu terus terhidrasi.

Hindari kafein

Kafein banyak terkandung di dalam kopi dan dapat menyebabkan tubuh kita mengeluarkan lebih banyak cairan. Minuman ini juga dapat menyebabkan kita dehidrasi. Sebaiknya hindari konsumsi kafein saat sahur atau malam hari setelah buka karena kopi bersifta asam dan dapat memicu iritasi pada perut.

Itulah trik menjalankan ibadah puasa di bulan suci ini bagi yang punya sakit maag. Jangan lupa niat yang kuat agar bisa puasa satu bulan penuh. Marhaban ya, Sahru Ramadan!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*